Iran-India Teken Kerja Sama Perkuat Jalur Pelabuhan

Iran-India Teken Kerja Sama Perkuat Jalur Pelabuhan

“Kami memiliki diskusi terperinci mengenai cara-cara untuk memperdalam kerja sama antara India dan Iran,” ujar Perdana Menteri India Narendra Modi menuliskan ciutannya di Twitter, Sabtu (17/2).

Pernyataan bersama ini menggaungkan Port Chabahar yang sedang dikembangkan dengan dana dari India sebagai ‘gerbang emas’. Presiden Iran Hassan Rouhani menuturkan, jalur kereta api dari Chabahar ke Zahedan menjadi penting karena dekat perbatasan Afghanistan.

Tahun lalu, New Delhi berhasil mengirim bantuan gandum ke Afghanistan melalui Port Chabahar, melewati archrival, Pakistan. Sebab, Islamabad tidak mengizinkan New Delhi menggunakan rute darat menuju Afghanistan.

“Chabahar menawarkan konektivitas India ke Afghanistan dan Asia Tengah. Seiring dengan pelabuhan Bandar Abbas, India juga menawarkan konektivitas modal sampai ke Eropa,” kata Manoj Joshi, analis senior Observer Research Foundation (ORF).


“Hal ini memungkinkan India untuk melewati blokade Pakistan dan memainkan peran penting di Asia Tengah dan Afghanistan. Ini juga membantu menjaga keseimbangan Pakistan dengan India,” sambung Joshi kepada Al Jazeera.

New Delhi telah berkomitmen USD 500 juta ke pelabuhan Chabahar, di luar Teluk Hormuz – situs dari salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia. Pelabuhan ini penting bagi India, karena akan menyediakan rute dan konektivitas laut baru ke Afghanistan. Ini juga bertujuan untuk memperluas akses Tiongkok di kawasan ini.

Chabahar terletak sekitar 140 Km dari pelabuhan Gwadar Pakistan, yang sedang dikembangkan dengan bantuan Tiongkok sebagai bagian dari Belt and Road Initiative (BRI). Ini digagas Presiden Xi Jinping pada 2015 serta dipercaya sebagai strategi kerja sama regional untuk kawasan Eurasia dan Afrika.


(ina/JPC)