iPhone 9 Bakal Jadi Ponsel Apple Versi Murah?

RADARMALANGID – iPhone 9 absen dari lini smartphone Apple, dari iPhone 8 langsung lompat ke iPhone X. Nampaknya, iPhone 9 bakal dilahirkan sebagai iPhone dengan harga terjangkau.

Berbagai bocoran menyebut Apple bakal meluncurkan iPhone murah pada awal tahun depan. Awalnya disebut sebagai iPhone SE 2, namun dikabarkan iPhone terbaru yang digadang-gadang sebagai ponsel Apple versi murah ini memiliki nama iPhone 9.

Dikutip dari The Sun (10/12), dilaporkan bahwa iPhone 9 adalah nama final setelah seorang sumber menjelaskan kepada outlet media Inggris tersebut.

Apple sendiri tak pernah menjelaskan kenapa mereka melewati iPhone 9. Kabarnya lantaran peluncurannya ketika itu bertepatan dengan 10 tahun Apple, maka lebih dipilih nama iPhone X yang mewakili.

Dalam bocoran yang dikemukakan analis kawakan Apple, Ming Chi-Kuo, iPhone itu bakal diluncurkan oleh Apple pada paruh pertama 2020 dengan harga US$ 399 atau Rp 5,6 juta, jauh lebih terjangkau dibandingkan iPhone 11 series.

Desainnya yang diperkirakan mirip dengan iPhone 8, iPhone SE 2 atau iPhone 9 ini kabarnya menggunakan System on a Chip atau SoC, mirip dengan iPhone 11 yang menjanjikan performanya bertenaga. Pola yang sama dulu juga dilakukan Apple di iPhone SE pertama, di mana prosesornya sama dengan iPhone 6s.

Kuo meramalkan iPhone SE 2 akan menarik bagi mereka yang masih menggunakan iPhone 6 dan 6S yang diperkirakan masih digunakan oleh 200 juta orang.

“Pemakai seri iPhone 6 mungkin lebih merasa perlu mengganti ke model yang sudah diperbaharui karena iOS 13 sudah tak lagi mendukungnya,” tulis Kuo dalam catatan ke investor belum lama ini.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia