Investasi Bodong di Solo, Kerugian Miliaran Sinergi Jawa Pos

Total kerugian para korban sendiri mencapai angka yang fantastis, yakni Rp111 Miliar. Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan, uang ratusan miliar tersebut sudah habis digunakan pelaku untuk hura-hura.

Pihak yang bewajib berhasil mengamankan uang tunai Rp 20 juta, 2 unit mobil Honda Jazz warna silver dengan nopol AB 1662 SI dan Honda Mobilio dengan nopol N 481 SI.

“Kita menduga uang sudah habis digunakan pelaku untuk mecukupi kehidupannya selama buron, serta membeli beberapa aset berupa mobil. Kita masih akan terus mengembangkan dan menyelidiki kasus ini. Dan mencari apakah ada aset-aset lain selain yang berhasil kita amankan,” tutur Kapolresta.

Dalam keterangannya, Kapolresta mengatakan pelaku memang terkenal di kalangan masyarakat. Korbannya merupakan pengusaha sukses yang berada dikawasan Eks-Karesidenan Surakarta. “Pelaku berhasil menjerat korban karena menawarkan keuntungan 10 hingga 25 persen per 12 hari setelah penanaman modal awal. Setelah uang terkumpul banyak, pelaku melarikan diri,” ungkapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pelaku berhasil diamankan petugas pasca buron selama 2 tahun lamanya. Pelaku dibekuk petugas saat melintas di ruas jalan Solo-Jogjakarta tepatnya di kawasan Prambanan, Kabupaten Klaten.

(rs/atn/bay/JPR)