Intel Kenalkan Prosesor Generasi 10 Berbasis AI

JawaPos.com – Intel belum lama ini resmi meluncurkan 11 prosesor dari seri Intel Core i Generasi ke-10 terbaru dan paling terintegrasi. Prosesor tersebut diklaim khusus didesain untuk perangkat 2-in-1 dan laptop.

Jajaran prosesor ini dikatakan mampu menghadirkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) berperforma tinggi pada PC berikut dengan fitur grafis baru Intel Iris Plus untuk mendukung fitur entertainment. Prosesor tersebut juga diklaim mampu memberi konektivitas terbaik dengan memadukan Intel Wi-Fi 6 (Gig+) dan Thunderbol 3. Jajaran produk dengan prosesor terbaru ini akan dihadirkan oleh para pabrikan PC akhir tahun ini.

Corporate Vice President dan General Manager untuk Mobility Client Platforms di Client Computing Group Intel, Chris Walker mengatakan, rangkaian prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini mengubah paradigma tentang apa arti dari dominasi platform mobile PC.

“Melalui penerapan AI berskala yang luas pada PC untuk pertama kalinya, arsitektur grafis terbaru, konektivitas Wi-Fi 6 (Gig+) terbaik dan Thunderbolt 3 serta berkat teknologi pemrosesan dan desain arsitektur 10 nm dari Intel, kami membuka jalan bagi berbagi macam pengalaman terbaru dan inovasi di industri laptop,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com.



Prosesor Intel Core Generasi ke-10 dikatakan sebagai pijakan penting bagi perjalanan Intel dalam mendukung peningkatan performa PC terbaik melalui prosesor berkinerja tinggi dan optimal di segala lini komputasi. Dengan performa dan kemampuan respons yang cepat, fitur AI, grafis, konektivitas dan Input-Output (I/O) yang teroptimisasi pada SoC, hal itu dikatakan membuat para vendor mampu menciptakan laptop yang memenuhi beragam kebutuhan baik hiburan, gaming, content creation, dan lebih banyak lagi.

Intel sendiri menyebutkan telah ada 35 model Laptop yang akan menggunakan prosesor ini yang masuk dalam Project Athena. Beberapa di antaranya Acer Swift 5, Dell XPS 13 2 in 1, HP Envy 13, dan Lenovo S940.