Instagram Luncurkan Dark Mode, Tampilan Gelap Penghemat Baterai

ZETIZENID – Instagram tak henti-hentinya berinovasi. Kali ini, mengikuti jejak Twitter dan Gmail, Instagram meluncurkan dark mode atau mode gelap.

Fitur ini membuat ponsel pintarmu lebih hemat baterai, mengurangi kelelahan pada mata, dan memberikan tampilan yang lebih eye-catching. Setidaknya bagi sebagian orang.

Penampilan baru media sosial berbasis visual tersebut diumumkan oleh Adam Mosseri pada Senin (8/10) melalui akun Twitter-nya. “Dimulai hari ini, kamu bisa menggunakan Instagram dalam mode gelap di iOS 13 atau Android 10. Nyalakan mode gelap di handphone-mu dan cobalah,” tulisnya.

Sayangnya, fitur baru tersebut tidak dapat dinikmati secara merata. Salah satu pengguna Instagram yang menunggu-nunggu fitur tersebut harus dibalas kekecewaan. “Apik! Tapi apa daya kaum iPhone 6 tidak mampu iOS 13,” tulis @windaglea menanggapi instagram story Zetizen.

Sejak kehadiran Instagram pada tahun 2010, evolusi Instagram memang lebih menekankan pada pembaharuan fitur dibandingkan tampilan visual. Salah satu yang menyambut kehadiran si mode gelap adalah @shafinamarcelita.



“Keren sih, ada suasana baru. Jadi gak bosen sama warna putih,” ujarnya menanggapi Instagram Story Zetizen. Sebaliknya, @barramahmud tidak setuju dengan perubahan tersebut. “Aneh rasanya, udah kebiasaan putih,” tulisnya.

Dilansir dari CNNBusiness (9/10), mengaktifkan dark mode di iPhone iOS 3 bisa dilakukan hanya dengan mengaktifkan dark mode di HP-mu. Layar Instagrammu akan otomatis berganti pula. Cara yang sama juga bisa diterapkan pada pengguna Android 10.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Editor: Indra M