Instagram Hilangkan Notifikasi Aktivitas Following, Say Bye To Stalker!

ZETIZENID – Sekarang, pengguna Instagram bisa bebas nge-follow dan nge-like apapun tanpa harus khawatir diketahui orang lain. Yup, dimulai minggu ini, Instagram menghapuskan kolom notifikasi aktivitas following Instagram.

Fitur yang mulanya berada di kolom dengan ikon ‘hati’ itu pertama kali diluncurkan oleh Instagram pada tahun 2011, jauh sebelum fitur Explore debut. Pada saat itu, memantau aktivitas following adalah cara yang paling ampuh untuk menemukan konten-konten baru yang segar.

Namun, sejak kehadiran fitur Explore, fitur aktivitas following nampak tidak relevan lagi. Seringkali, fitur tersebut malah dijadikan alat untuk menguntit orang karena dapat menampilkan apa saja yang di-like, di-follow, atau dikomentari oleh pengguna Instagram lainnya.

Menanggapi pengumuman tersebut, banyak yang merasa beruntung karena akhirnya bisa bebas dari “penghakiman” orang-orang atas apa saja yang ia like, follow atau komentari. Namun, ada beberapa yang merasa kehilangan. Seperti salah satu pengikut Instagram Zetizen. “Yah, gak bisa stalking doi nge-like apa aja deh,” akunya dalam kolom reply Zetizen.

Namun, hal tersebut bukan satu-satunya alasan yang mendorong Instagram menghapus fitur aktivitas Following. Dikutip dari Buzzfeed (10/10), Visal Shah, kepala produk dari Instagram, menyatakan bahwa fitur tersebut jarang digunakan oleh pengguna. Instagram juga menduga banyak pengguna yang bahkan tidak tahu bahwa fitur tersebut ada.



Dengan menghapuskan fitur lama yang tidak terlalu berguna, Instagram dapat tetap menjaga kesederhanaan aplikasi berbasis visual ini. “Simplicity is the driving factor,” ujar Shah pada Buzzfeed (10/10). Sehingga selanjutnya, Instagram dapat mengembangkan fitur-fitur baru lainnya.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa

Editor: Indra M