Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Amankan Akun yang Diretas

JawaPos.com – Apa jadinya jika akun media sosial semisal Instagram kamu diretas? Hal ini tentu menyebalkan, bukan? Apalagi jika kamu mengandalkan Instagram lebih dari sekadar medsos dalam hal ini untuk mencari penghidupan lewat berjualan online.

Memahami hal tersebut, Instagram mengaku terus berupaya mengembangkan serangkaian fitur untuk mencegah terjadinya peretasan (hacking), serta membantu pengguna memulihkan akun mereka yang diretas. Hari ini, Jumat (21/6), Instagram mengumumkan beberapa pembaruan fitur untuk mengamankan akun yang diretas.

Instagram menguji coba sebuah fitur yang akan membantu pengguna mengambil alih akun mereka yang diretas. Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun lama pengguna tetap aman dan tersedia selama beberapa saat setelah nama akun terganti.

Pengguna dapat mengakses fitur ini apabila Instagram mendeteksi bahwa pengguna memiliki kesulitan untuk masuk ke dalam akunnya. Misalnya, pengguna berulang kali memasukkan password yang salah atau pengguna mengetuk ‘Masalah login?’ pada halaman ‘Lupa kata sandi?’.

Ilustrasi: Langkah mudah amankan akun Instagram yang diretas. (Istimewa)



Instagram kemudian akan meminta pengguna untuk memasukan beberapa informasi personal, seperti alamat email dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun Instagram mereka, atau alamat email maupun nomor telepon yang mereka gunakan saat mendaftar Instagram.

Setelah itu, Instagram akan mengirimkan kode enam (6) angka ke kontak informasi yang pengguna pilih. Ini memungkinkan mereka untuk mengambil alih kembali akses akunnya. Ketika pengguna berhasil mengakses akunnya, Instagram akan mengambil beberapa upaya tambahan untuk memastikan agar peretas tidak dapat menggunakan kode yang dikirimkan ke alamat email maupun nomor telepon pengguna untuk mengakses akun dari perangkat yang berbeda.

Melalui uji coba fitur ini, pengguna dapat memulihkan akun mereka meskipun informasi akunnya, seperti nama akun atau kontak informasi yang terasosiasi dengan akun pengguna, telah diubah oleh peretas. Instagram terus meningkatkan fitur ini dan dalam beberapa bulan ke depan, medsos foto video ini berharap dapat memudahkan pengguna untuk memulihkan akun secara langsung dalam aplikasi, tanpa bantuan dari tim operasional komunitas Instagram.

Fitur tersebut diklaim untuk memastikan nama akun lama pengguna tetap aman dan tersedia selama beberapa saat setelah nama akun terganti.

Instagram juga mengamati saat seseorang kehilangan nama akun mereka karena diretas atau mengganti nama akunnya secara sengaja. Nama akun lama mereka dapat diambil orang lain dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun pengguna akan tetap aman selama beberapa waktu setelah nama akun tersebut terganti. Artinya, nama akun lama pengguna tidak dapat diambil oleh orang lain, jika mereka kehilangan akses terhadap akunnya.

Dengan fitur ini, Instagram menyebut ingin memberikan kepastian bagi pengguna bahwa nama akun mereka tidak akan dapat diambil alih oleh orang lain setelah terganti selama beberapa saat. Dalam beberapa kasus peretasan akun bisnis maupun figur publik, fitur ini dapat mencegah munculnya akun tidak otentik di Instagram.

Fitur baru tersebut juga dikatakan untuk menjaga nama akun Instagram selama beberapa saat. Fitur baru Instagram ini sudah tersedia untuk perangkat Android dan akan mulai tersedia secara bertahap untuk perangkat iOS.