Instagram dan Whatsapp Error Hampir Bersamaan

Aplikasi sosial media Instagram dan perpesanan singkat Whatsapp dilaporkan sebagian netizen di Twitter mengalami down hingga tidak bisa diakses. Feed yang berada di Instagram tidak bisa refresh dan beberapa pengguna Whatsapp di Indonesia mengeluhkan tidak bisa mengirim foto hingga pesan, Rabu, (22/5) dilaporkan sejak satu jam yang lalu.

Jumlah twit yang masuk lewat hashtag #instagramdown juga dilaporkan makin naik trafficnya hingga kini capai 16.800 twit lewat Twitter menggunakan hashtag serupa dan menjadi trending topic nomor 6 tertinggi di Indonesia. Itu artinya pengguna yang mengalami masalah makin banyak dan meningkat secara berkala di Indonesia.

“Eh ada yg kesusahan akses instagram kah?
Apa lg down #instagramdown,” papar akun Twitter bermana @tinarga.

“Ketika #instagramDown , Twitter lah pilihan akhir,” ujar akun lain bernama @fr_arputra.

Aplikasi yang juga dimiliki Facebook, Whatsapp juga dilaporkan down oleh beberapa pengguna. “Iya tidak bisa pakai sejak satu jam yang lalu, tidak bisa kirim pesan dan foto, Instagram juga,” ujar salah satu penggunanya, Rafli Yuvindra, Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Sementara itu, sosial media Facebook mengalami masalah susah akses bila diakses lewat web, namun lancar jika menggunakan aplikasi di Handphone. Laporan yang masuk di Twitter kebanyakan berasal dari pengguna yang menggunakan bahasa Indonesia dan bisa dikatakan error ini masih dirasakan pengguna di negara asean seperti Indonesia dan Malaysia.

Pewarta: Elfran Vido