Instagram Akan Kenalkan Fitur AR Try On untuk Belanja Online

JawaPos.com – Instagram awalnya sebagai platform untuk berbagi foto satu sama lain. Tetapi saat ini telah berkembang menjadi lebih dari sekadar platform berbagi foto dan video. Bahkan, mulai dimanfaatkan untuk beriklan dan mengumumkan produk baru yang akan dirilis.

Selain mengiklankan produk, kini Instagram juga memungkinkan pengguna untuk langsung berbelanja online. Nah, untuk mengoptimalkan layanan belanja, kini Instagram sedang menjajal fitur baru.

Sebagaimana dikutip JawaPos.com dari Engadget, Senin (7/10), untuk membantu meningkatkan platform belanja, Instagram akan menggunakan platform Spark AR Facebook. Dengan demikian, user akan memungkinkan untuk mencoba produk sebelum membelinya.

Misalnya pengguna IG ingin melihat bagaimana kacamata hitam atau lipstik digunakan, mereka dapat mencobanya secara virtual. Itu dilakukan sebelum memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

Instagram telah mengonfirmasi bahwa program percontohan telah diluncurkan dan untuk saat ini hanya produk dari Ray-Ban, Warby Parker, MAC, dan NARS yang akan berpartisipasi. Mungkin ke depan akan lebih banyak merek ditambahkan ke dalam daftar, tetapi untuk sekarang merek yang disebut di atas yang akan tersedia untuk pembeli.

Sebagai informasi, Instagram dan Facebook bukan yang pertama menggunakan AR untuk memberi pelanggan kesempatan untuk mencoba produk sebelum membeli. Sebelumnya sejumlah aplikasi diluncurkan yang memanfaatkan teknologi ini untuk urusan belanja online. Sebut saja Shopee yang sudah menggunakan fitur tersebut bagi penggunanya agar bisa mencoba lipstik.