Insentif Lansia Tahap 2 Cair, Jumlah Penerima Bantuan Menurun

KOTA BATU – Bantuan dari Pemkot untuk lansia tidak produktif dan penyandang disabilitas tahap 2 turun hari ini (10/12). Sementara itu, jumlah penerima bantuan pada pencairan tahap 2 ini mengalami penurunan dari 1036 menjadi 926 peserta dengan rincian 379 lansia Kecamatan Batu, 256 lansia Kecamatan Bumiaji, 291 lansia Kecamatan Junrejo, dan 148 peserta penyandang disabilitas dari 3 kecamatan.

“Penurunannya sekitar 110 peserta dikarenakan angka kematian lansia dan alamat yang tertera tidak terverifikasinya,” jelas Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririck Masruri. Ia menambahkan bantuan yang tidak tersampaikan nantinya akan dikembalikan untuk dijadikan kas negara.

Ririck memaparkan, sebelumnya pemberian insentif pada lansia tidak produktif dan penyandang disabilitas diberikan setahun sekali dengan nominal Rp 6 Juta per kepala. Namun pada tahun ini, Pemkot Batu sengaja membaginya dalam dua tahap dan diberikan per semester sehingga insentif pada tahap 2 bisa dijadikan sebagai pegangan yang bisa dimanfaatkan pada akhir tahun.

“Total yang digelontorkan ada Rp 6,2 miliar, namun untuk tahap 2 ini kami hanya menurunkan Rp 2,7 miliar karena penerima bantuan menurun,” imbuhnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia