Inneke Koesherawati, Hijrah Dari Imej Seksi Hingga Turut Diamankan KPK | JawaPos.com

Inneke Koesherawati, Hijrah Dari Imej Seksi Hingga Turut Diamankan KPK | JawaPos.com

JawaPos.com – Inneke Koesherawati, 42, turut diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, pada Jumat malam hingga sabtu dini hari (21/7).

Hal tersebut berkaitan dengan kasus yang tengah menimpa suaminya, Fahmi Darmawansyah. Sebelum diamankan KPK, perjalanan hidup dan karir perempuan kelahiran 13 Desember 1975 itu juga cukup berliku dan penuh kontroversi.

1. Dijuluki Bom Seks dan Artis Panas


Film Klasik – Setetes Noda Manis (1994) – Inneke Koesherawati
(YouTube/Christian Swanson)

Inneke muda mengawali karier di dunia hiburan saat mengikuti Gadis Sampul 1990. Saat itu, dia meraih Pemenang Berbakat satu angkatan dengan Almarhumah Nike Ardilla yang juga meraih Pemenang Favorit.



Inneke kemudian dijuluki sebagai bom seks lantaran suka berpakaian seksi dan terbuka. Dia bahkan membintangi beberapa film panas-dewasa seperti Diskotik DJ (1990), Roda-Roda Asmara di Sirkuit Sentul (1994), dan Gadis Metropolis (1991). Awalnya, dia hanya tampil sebagai figuran di film Lupus 4, tapi kemudian dia banyak menerima tawaran membintangi film dewasa. Dia juga sempat berakting di film Lupus 4 dan beberapa film Warkop DKI.

2. Berhijrah dan Tinggalkan Imej Seksi

Keputusan penting dibuat Inneke pada 2001. Dia memilih hijrah dengan tampil menutupi aurat dan berhijab. Celana ketat dan baju terbuka serta seksi ditinggalkan. Imej sebagai bintang panas mulai terkikis dan tersingkir oleh aktifitas keagamaan.

Kemudian, Inneke semakin laris dan menjadi langganan khusus sinetron religi dan juga film. Salah satu sinetron fenomenalnya adalah Lorong Waktu. Dalam sinetron itu, dia beradu akting dengan aktor dan juga mantan wakil gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

3. Meraih Penghargaan Pembawa Acara Terpuji dari MUI

Film terakhirnya tahun 2010 Di Bawah Langit membawa Inneke beradu akting dengan penyanyi religi Opick. Inneke juga meraih penghargaan sebagai Pembawa Acara Terpuji versi Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun 2005.

4. Tutupi Identitas Suami dan Pernikahannya

Pada 2 April 2004 Inneke menikah dengan seorang dokter berstatus duda yang nota bene adalah mantan suami Yana Zeine, yakni Fahmi Darmawansyah. Ketika itu, Inneke menutup-rapat identitas suaminya. Belakangan diketahui suaminya adalah direktur suatu perusahaan ternama.

5. Suaminya Terpidana Kasus Bakamla dan Menyeret Inneke pada Akhirnya

Identitas suami Inneke baru dikenal publik saat ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada bulan Desember 2016. Dia ditahan karena dugaan terlibat kasus suap terhadap pejabat Badan Keamanan Laut (Bakamla) dalam proyek pengadaan satelit monitoring.

Kasus tersebut membuat Inneke juga diperiksa oleh KPK. Hingga pengadilan menyatakan Fahmi terbukti bersalah melakukan tindak pidana suap dan divonis hukuman dua tahun delapan bulan penjara.

video

(yln/JPC)