Inilah Lima Cabor Tambahan yang Bisa Ikut PPDB

MALANG KOTA – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMAN 2017 ini memberi peluang lebih besar untuk siswa berprestasi. Sebanyak lima cabang olahraga (cabor) yang tahun lalu belum terakomodir di PPBD jalur prestasi, tahun ini dipastikan akan terakomodir.

Kelima cabor tersebut adalah tenis lapangan, sepak takraw, tarung drajat, sepatu roda, dan angkat besi. Dengan demikian, siswa-siswi yang berprestasi di kelima cabor tersebut berkesempatan mendapatkan jatah khusus untuk masuk SMAN di Kota Malang.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Batu Adi Prayitno menyatakan, masuknya lima cabor tersebut sudah dibahas saat rapat persiapan bersama musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMPN dan SMAN, Rabu lalu (7/6). Rapat tersebut juga menghadirkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang.

”Dari lima cabor tersebut, dua cabor sudah pasti masuk daftar. Yakni, cabor angkat besi yang masuk SMKN 8 Malang dan sepatu roda masuk SMAN 2 Malang,” ujar Adi kemarin (8/6).

Sementara itu, untuk tiga cabor lainnya, yakni tenis lapangan, tarung drajat, dan sepak takraw, masih dibahas. Adi memastikan sudah diakomodir di PPDB SMAN 2017. Namun, masih dikoordinasikan terkait penempatan sekolahnya.



Adi memaparkan, kelima cabor tersebut nyaris tidak masuk jalur prestasi di PPDB SMAN 2017 ini. ”Mungkin, ketikannya kurang (salah ketik). Tapi sudah deal, tinggal memilih sekolah mana yang mau memfasilitasi,” kata Adi.

Adi sengaja membuka peluang besar untuk siswa berprestasi. Akan tetapi, dia mewanti-wanti agar pendaftar tidak memanipulasi sertifikat. Misalnya, mengelabuhi panitia dengan menggunakan sertifikat palsu. ”Jangan sampai ada sertifikat palsu dan kejuaraan yang diada-adakan,” tegas Adi.

Pewarta: Daviq Umar
Editor: Mahmudan