Inikah Penyebab Arema FC Terpuruk di Liga 1 2018?

Inikah Penyebab Arema FC Terpuruk di Liga 1 2018? - JPNN.COM

Kurnia Meiga saat memperkuat Timnas Indonesia. Foto: dok.JPNN.com

RADAR MALANG ONLINE, MALANG – Arema FC baru menjalani 13 laga dari total 34 pertandingan di ajang Liga 1 2018. Masih ada kesempatan untuk mengerek posisi. Saat ini, tim berjuluk singo edan tersebut berada peringkat 15 klasemen sementara dengan 15 poin.

Arema FC sebenarnya mengawali liga 1 2018 dengan penuh kegairahan. Ekspektasinya adalah memperbaiki prestasi dibanding musim lalu yang hanya finis di peringkat sembilan. Alih-alih membaik, tim ini justru babak belur di awal kompetisi.

Tim ini mengawali laga pembuka dengan mengecewakan, yakni bermain imbang 2-2 melawan Mitra Kukar di Stadion Kanjuruhan. Start yang buruk kemudian berimbas pada laga-laga Arema berikutnya. Tak heran, Arema banyak kehilangan poin di kandang sendiri.

Dari total 6 laga kandang yang dilakoni, Arema gagal meraih tiga kali kemenangan dan hanya meraih hasil imbang, yakni ketika melawan Mitra Kukar (2-2), Persib Bandung (2-2), dan PSM Makassar (1-1).

Berdasarkan evaluasi dari manajemen, ada banyak penyebab kenapa Arema FC terbenam di awal kompetisi. Salah satunya adalah faktor dari pelatih kepala.”Memang pelatih di samping skill, memang harus bisa handling tim,” ucap General Manager Arema FC Ruddy Widodo, awal pekan lalu.

Ia menjelaskan, bahwa pelatih Arema sebelumnya yakni Joko ’Gethuk’ Susilo masih dirasa kurang dan belum memiliki kemampuan seperti ini.”Mungkin bukan karena tidak punya, mungkin belum punya saja,” imbuhnya.

Sebenarnya, kekhawatiran pihak manajemen itu muncul setelah melakon dua laga pra musim. Ketika itu, performa Arema FC belum menunjukkan permainan yang bagus.

”Sebenarnya setelah Piala Presiden dan Piala Gubernur Kaltim tersebut kita sudah ada sedikit kekhawatiran,” kata pria berlatarbelakang pengusaha ini.