Ini Tiga Program Prioritas Ketua KPU Kabupaten Malang 2019-2024

Anis Suhartini Ketua KPU Kabupaten Malang (tengah) bersama anggota KPU lainnya

MALANG – Secara aklamasi, Anis Suhartini terpilih sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang periode 2019-2024. Alumni Fakultas Teknik Universitas Muhammadiah Malang (UMM) itu berada di peringkat satu dalam seleksi calon komisioner KPU setempat.

Sebagai nahkoda baru di KPU Kabupaten Malang, Anis berkomitmen akan menjalankan tiga program prioritas. Pertama, melakukan konsolidasi internal di KPU Kabupaten Malang antara komisioner dengan sekretariat.

Program prioritas kedua, terkait tahapan pemilu, menindaklanjuti Surat Edaran KPU RI No. 901/PL.02.6-50/06/KPU/VI/2019 tentang Penyelesaian Situng dan Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih.

“Ketiga, menindaklanjuti Surat KPU RI No. 408/PP.01.3-SD/01/KPU/III/2019 tentang Penyusunan Perencanaan Penganggaran Pemilihan 2020,” kata Anis di Malang, Selasa (18/06).

Anis mengatakan, sebagai ketua KPU, dirinya juga memimpin divisi keuangan, umum, logistik, dan rumah tangga.

Anis dalam menjalankan kerjanya dibantu oleh empat komisioner. Komisioner Nurhasin menggawangi divisi teknis penyelenggaraan; Marhaen Pramudya Mahardika mengepalai divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM.

Komisioner Khilmi Arif menahkhodai divisi perencanaan data dan informasi; dan komisioner Abdul Fatah memimpin divisi hukum dan pengawasan.

Penempatan pimpinan divisi bagi masing-masing komisioner KPU Kabupaten Malang itu, tentu ada parameternya.

“Didasarkan pada kesadaran dan penilaian terhadap kemampuan diri dengan mempertimbangkan pengalaman sebagai penyelenggara pemilu, baik pengalaman di PPK maupun di pengawasan pemilu,” terang Anis.

Diketahui, Anis Suhartini satu-satunya komisioner KPUD Kabupaten Malang periode 2014-2019 yang masuk lagi menjadi komisioner KPU periode 2019-2024. Anis tidak masuk kategori petahana, pasalnya ia menjadi komisioner pengganti antar-waktu (PAW) menggantikan Totok Hariono yang naik ke Bawaslu Jatim.

Pelantikan lima komisioner KPU Kabupaten Malang tersebut berlangsung di Hotel JW Marriot, Surabaya, Kamis (13/6) pekan lalu. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua KPU RI, Arif Budiman, terhadap 180 komisioner KPU di 36 kota dan kabupaten se-Jawa Timur. *

Penyunting: Kholid Amrullah