Ini Penyebab Gandengan Truk Terguling hingga Timpa Xenia

Ini Penyebab Gandengan Truk Terguling hingga Timpa Xenia

Kemacetan yang terjadi pun cukup parah. Setidaknya arus kendaraan sempat mengular hingga 3 kilometer panjangnya. Apalagi, gandengan truk sempat menutupi ruas jalan di utara bundaran Apollo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol.

Informasinya, sebelum terguling, truk gandeng muatan tetes nopol S 9430 US, dikemudikan Khoirudin, 35. Sopir asal Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, baru saja dari pabrik gula Kebun Agung di Kabupaten Malang. Truk hendak menuju Mojokerto.

SEMPAT TERTIMPA: Mobil Daihatsu Xenia yang tertimpa gandengan truk, mengalami kerusakan cukup parah.
(Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Awalnya, perjalanan Khoirudin lancar. Namun saat melintas di Apollo, as roda mengalami patah. Hingga kemudian terguling dan sempat menimpa mobil Daihatsu Xenia nopol W 1417 X  tengah parkir di bahu atau tepi jalan.

“Sesampainya di TKP, tiba-tiba laju truk ini oleng dan kemudinya tak bisa saya kendalikan. Akhirnya gandengan belakang terguling dan timpa mobil parkir dibahu jalan,” ucap Khoirudin, sopir truk gandeng.

Pada saat mobil Daihatsu Xenia, bodi depannya sebelah kanan tertimpa gandengan belakang truk muat tetes yang terguling ini. Untungnya, pemilik mobil yakni Andik Kuncoro, 32, warga Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, tengah makan di warung. 

Akibat tertimpa gandengan, mobil Xenia mengalami kerusakan bodi depan sisi sebelah kanan desok.

“Kecelakaan ini, diakibatkan faktor teknis. As roda belakang truk gandeng di bagian belakangnya sisi sebelah kanan ternyata patah. Akhirnya terjadilah laka lantas ini dan tak dapat dielakkan,” tutur Kanit Lantas Polsek Gempol Iptu Agus Purwanto.

Karena menutupi badan jalan dan besarnya gandengan, evakuasi tak bisa dilakukan saat itu juga. “Proses evakuasi kami lakukan malam hari. Kami fokus pada pengaturan arus lalinnya saja biar tak macet panjang,” bebernya. 

(br/fun/zal/fun/JPR)