Ini Penyebab Air Mineral Kemasan Memiliki Rasa Yang Berbeda-beda

Ini Penyebab Air Mineral Kemasan Memiliki Rasa Yang Berbeda-beda - JPNN.com

jpnn.com – Merek air mineral kemasan yang beredar di pasaran kini sangat bervariasi. Bagi yang indra perasanya cukup sensitif, mungkin Anda akan menyadari bahwa tiap merek air mineral memiliki rasa yang berbeda.

Awalnya, Anda pikir rasa itu dari botol plastik yang digunakan. Tapi ternyata, perbedaan rasa air mineral kemasan berasal dari kandungan air itu sendiri.

Kandungan mineral yang menentukan rasanya

Salah satu faktor yang mendasari perbedaan rasa air mineral kemasan adalah dari mana sumber berasal. Pasalnya, beda sumber mata air (biasanya diambil dari sumber air pegunungan), beda pula kandungan mineralnya. 

Nah, kandungan mineral itulah yang pada akhirnya memberikan sedikit rasa pada air mineral kemasan.

Adapun mineral yang paling berperan dalam memberikan rasa, antara lain kalsium, magnesium, sulfat, dan bikarbonat. Keempat mineral tersebut tentunya larut dalam air dan akan terasa saat air telah menyentuh bintil lidah.

Sementara itu, bila air minum yang Anda konsumsi berasal dari sumber air yang dalam (di bawah tanah), rasanya pun akan berbeda dari rasa air yang diambil dari mata air pegunungan. Itu karena, air tanah harus mengalir melewati banyak lapisan tanah serta bebatuan sehingga rasanya pun agak berkapur.

Meskipun demikian, air minum yang diambil dari tanah tetap layak dikonsumsi. Bahkan, kandungan mineralnya disebut-sebut lebih banyak.