Ini Pengalihan Arus Car Free Night saat Tahun Baru di Jakarta

JawaPos.com – Menyambut malam tahun baru 2019 di Jakarta, pergerakan massa dipusatkan di kawasan Sudirman dan Thamrin. Warga Jakarta yang akan merayakan malam pergantian tahun, maka Pemprov DKI memfasilitasi dengan acara Car Free Night. Pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalur protokol pun akan dialihkan.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, pihak kepolisian lalu lintas sudah melakukan serangkaian antisipasi pergerakan massa yang memadati acara CFN di sekitar kawasan Simpang Patung Kuda hingga Bundaran HI.

“Menyambut malam perayaan pergantian tahun baru, beberapa arus lalu lintas akan dialihkan. Hal itu dilakukan demi menjaga kenyamanan dan keamanan pengendara dan warga Jakarta yang merayakan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (30/13).

Rute pengalihan arus car free night (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Budiyanto memprediksi ribuan orang tumpah ruah memadati ruas jalan sepanjang Sudirman hingga Thamrin. Mengingat, acara CFN pun digelar berbagai acara. Seperti, gelar nikah masal, doa bersama untuk korban Tsunami, panggung hiburan hingga kuliner malam.

Budiyanto mengatakan, pengalihan arus lalu lintas dimulai pada Senin (31/12) pukul 17.00 WIB hingga selesai. Untuk mengamankan jalannya arus lintas, Ditlantas mengerahkan sebanyak 620 personel. Ratusan personel itu akan mengatur arus lalin serta menjaga titik rawan potensi kemacetan.

Kepada warga yang akan merayakan malam tahun baru di Jakarta, polisi menyarankan untuk tiba lebih awal. Terutama bagi pengunjung wisata yang akan menempati hotel dan gedung di sepanjang Jalan Thamrin hingga Jalan Sudirman.

“Bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor dapat memarkirkan kendaraannya di IRTI, Lap Banteng, Istiqal dan gedung-gedung di sepanjang Sudirman – Thamrin, GBK serta lokasi lain yang sudah disediakan,” ujarnya.

(wiw/JPC)