Ini Manfaat Peningkatan Aktivitas Fisik pada Anak

Ini Manfaat Peningkatan Aktivitas Fisik pada Anak - JPNN.COM

ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

RADAR MALANG ONLINE – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang melakukan lebih banyak latihan/olahraga mungkin memiliki gejala depresi yang lebih sedikit dibandingkan rekan-rekan mereka yang kurang aktif.

Peneliti menggunakan aktivitas pelacak untuk melihat berapa banyak aktivitas fisik yang anak-anak lakukan. Kemudian mewawancarai anak-anak dan orang tua mereka untuk menilai apakah mereka memiliki gejala depresi.

Hasil studi menemukan bahwa ketika anak-anak melakukan aktivitas fisik yang kuat pada usia 6 tahun dan 8 tahun, mereka mungkin kurang memiliki gejala depresi besar dua tahun kemudian.

“Hasil kami menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas fisik pada anak-anak bisa mencegah depresi,” kata pemimpin studi, Dr. Tonje Zahl, seperti dilansir laman Lifescript, Kamis (16/2).

Sementara banyak penelitian telah mendokumentasikan potensi olahraga untuk meningkatkan mood dan membantu dengan depresi untuk orang dewasa, sedikit yang diketahui tentang aktivitas fisik memengaruhi kesehatan mental pada anak-anak.

Seringkali, depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya tidak muncul sampai masa remaja.

Studi ini meneliti sampel anak-anak dari Trondheim. Peneliti mensurvei orang tua mereka untuk menilai kesehatan mental anak-anak pada usia 6 tahun, kemudian melakukan wawancara tindak lanjut dengan orang tua dan anak-anak pada usia 8 tahun dan 10 tahun untuk menentukan apakah mereka memiliki gejala depresi.

Secara keseluruhan, peneliti memiliki data 795 anak-anak pada usia 6 tahun, 699 pada usia 8 tahun dan 702 pada usia 10 tahun.