Ini List Pelayanan yang Siap Dilayani Ambulan Gratis PSC 119

KOTA MALANG – Atas dasar Peraturan Menteri Kesehatan Tahun Republik Indonesia nomor 19 tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) maka terbentuklah Public Safety Center (PSC) 119 di Kota Malang oleh Dinas Kesehatan Kota Malang.

Relawan yang tergabung di dalamnya siap melayani masyarakat dalam rangka berbagai kondisi yang terbagi dua medis dan non medis.

“Untuk medis, seperti serangan jantung, stroke, kecelakaan lalu lintas, kegawatdaruratan Ibu Anak, keracunan, tidak sadar, kejang,” ungkap Dhana Setiawan, Korlap PSC 119 saat acara penyuluhan PSC dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Kendalkerep, Kota Malang.

Sedangkan non-medis mencakup Kebakaran, bencana alam, pohon tumbang, banjir, longsor, gangguan keamanan dan ketertiban, kekerasan rumah tangga, sampai kekerasan seksual. “Bahkan untuk penanganan orang dengan gangguan jiwa, kami siap, termasuk bencana kami koordinasi dengan dinas terkait, paling tidak masyarakat mau melapor,” paparnya.


Apalagi dengan rencana ditambahnya ambulan milik PSC 119 menjadi empat. Hal ini jelas sejalan dengan Misi Wali Kota Malang yang berencana mendata Ambulan yang ada di Kota Malang untuk penanganan yang lebih cepat oleh ambulan yang sudah di data dan masyarakat akan mendapat penanganan oleh ambulan yang berlokasi yang terdekat dengan kejadian.

“Kadang kendalanya itu kekurangan supir, kalau rumah sakit sudah siap, tapi kalau klinik itu keluhannya ambulan cuma satu, jadi kalau mau menolong ya susah,” ungkap drg. Wahyu, Kasi Pelayanan Rujukan, Dinas Kesehatan Kota Malang. Makanya PSC 119 Dinas Kesehatan ini juga dibuat guna mengisi kekosongan ataupun menghandle pasien yang tidak tidak bisa dihandle oleh ambulan yang sedang bertugas.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido