Ini Kota Paling Tercemar di Muka Bumi

Ini Kota Paling Tercemar di Muka Bumi

Menyaksikan situasi seperti itu, Anaekwe mengorganisir sekelompok remaja untuk membersihkan jalan yang penuh sampah di lingkungan mereka. Aksi komunitas ini menuai pujian baik di internet maupun oleh masyarakat sekitarnya.

Seperti dilansir CNN, Rabu, (21/2) Anaekwe mengungkapkan, Kota Onitsha sangat kotor. “Saya rasa pemerintah telah melakukan segala cara untuk mengatasinya.”

Tingkat pembuangan sampah di selokan sudah memprihatinkan. Ia juga mengatakan, kalau ia selalu membenci lingkungan yang kotor dan mencari cara untuk mengatasi masalah sampah di Onitsha.

Gagasan tersebut muncul saat Anaekwe menjalani Dinas Pemuda Nasional selama satu tahun yang merupakan program pengembangan wajib lulusan universitas di Nigeria. Sebagai bagian dari proyek berfokus pada Sustainable Develompent Goals yang mengajarkan mahasiswa tentang bahaya sampah.

Berdasarkan sebuah laporan WHO pada 2016, ada empat kota dengan polusi udara paling parah di Nigeria. Onitsha merupakan kota pelabuhan yang sering dicatat sebagai kota yang kotor, bahkan sampai 30 kali.



Guna mengatasi masalah pencemaran lingkungan, pada 2016 Nigeria melarang impor bahan bakar dari Eropa karena menyebabkan polusi.

Salah satu inisiatif Anaekwe untuk mengurangi sampah antara lain melakukan program WeCycclers. Yakni memberi pengarahan pada keluarga berpenghasilan rendah untuk memilah dan memisahkan sampah layak daur ulang yang dapat ditukar dengan uang atau barang.

Meski bukit sampah terus menggunung, Anaekwe bertekad akan terus melakukan ini.

Akun Twitter @MsChimezie menyerukan aksi yang dilakukan Anaekwe melalui sebuah cuitan disertai hashtag #Onitsha dan #cleanup yang mendapatkan lebih dari seribu Retweet dan suka dari netizen.


(trz/JPC)