Ini Efek Rajin Makan Minyak Ikan Omega 3 pada Otak

RADARMALANGID – Ada banyak makanan sehat yang bisa dikonsumsi, mulai dari karbohidrat hingga lemak. Benar, tidak semua lemak itu jahat dan buruk untuk kesehatan. Salah satu jenis lemak yang sehat dan harus dikonsumsi setiap hari adalah asam lemak omega-3 atau yang sering disebut sebagai minyak ikan.

Minyak ikan paling dikandung dalam tubuh ikan, seperti salmon, tuna dan berbagai makhluk laut. Ada banyak manfaat minyak ikan omega-3, salah satunya adalah menjaga kesehatan otak.

Dilansir dari Healthline (16/11), hasil riset dari penelitian dalam jurnal PloS One, menemukan bahwa rajin mengonsumsi minyak ikan omega-3 mampu membantu meningkatkan kemampuan memori atau mengingat pada otak untuk orang dewasa.

Otak sendiri sebagian besar terdiri lemak dan asam lemak omega-3 berperan membantu menutrisi sekaligus menjaga kesehatan otak dalam berbagai fungsi kognitif, terutama mengingat.

Tentu saja, tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 setiap harinya. Meski memang bisa didapat dari ikan, namun beberapa orang mungkin bisa alergi terhadap ikan atau tak suka makan ikan, sehingga akan lebih mudah bila memiliki satu kotak minyak ikan di rumah.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa