Ini Dia Pesona Teluk Asmara, Raja Ampatnya Kabupaten Malang

SUMAWE – Destinasi wisata yang satu ini boleh jadi belum banyak dikunjungi para pencinta pantai. Pantai Teluk Asmara yang terletak di Kecamatan Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), itu baru resmi dibuka untuk umum bersamaan dengan libur Lebaran lalu. Oleh penduduk sekitar, pantai yang lokasinya tak jauh dari Pantai Gatra tersebut dijuluki Raja Ampatnya Malang Selatan.

”Belum genap satu bulan dibuka, dalam sehari kalau tidak hujan, pengunjungnya bisa sampai 400 orang,” kata Hariyanto, koordinator wisata Pantai Teluk Asmara. Sayangnya, butuh perjuangan khusus bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan miniatur Raja Ampat tersebut. Dari jalur lintas selatan (JLS), untuk menjangkau Pantai Teluk Asmara harus melewati jalan yang belum diaspal sejauh sekitar 1,8 kilometer.

Karena akses jalan belum dibuat, saat hujan atau setelahnya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat akan kesulitan melintasi jalan. Itu karena tanahnya menjadi lengket. Saat didatangi Jawa Pos Radar Kanjuruhan kemarin (13/7), gapura menuju lokasi wisata justru telah ditutup. Beberapa wisatawan yang datang terpaksa hanya berfoto di depan papan tulisan Teluk Asmoro.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Achmad Yani
Fotografer: Darmono