Ini Dia Daftar Hafidz Cilik Terbaik Naura Ramadan

KOTA MALANG – Usai sudah gelaran Hafiz Kids Competition Naura Ramadan yaang diadakan pada 11-12 April 2019 di Kantor Jawa Pos Radar Malang. Dari 100 peserta yang terdiri dari usia 5 hingga 10 tahun, ada 3 pelantun ayat Al-Qur’an terbaik yang keluar sebagai juara.

Tiga peserta yang terpilih dengan perolehan nilai tertinggi adalah Nadia Zahra Salsabila Putri dari SD Alam Ar Rahma, Sauzan Salsabila Siregar dari TPQ Fadhilatul Qura’an dan Regina Aurelia Putri dari SD An-Nur Tumpang.

Lebih rinci juara pertama diraih oleh Nadia Zahra Salsabila dengan skor 100. Untuk juara kedua diraih oleh Sauzan Salsabila Siregar dengan total nilai 95, dan Regina Aulia Putri yang menduduki posisi ketiga dengan jumlah nilai 90.

Salah satu juri yang merupakan Pembina Pesantren Kampus Ainul Yakin Unisma, Muh. Yunus menerangkan beberapa kriteria dalam penilaian hari ini. Yakni kelancaran tahfid muraa’tal ayat dan tahfidz sabqul lisan yang akurat, ketapatan tajwid, dan fashaha wal adab.

”Kekurangan dari sebagian banyak peserta hanya pada faktor grogi dan suasana panggung jadi seringkali membuat anak-anak langsung nge-blank, selain itu juga cara melafalkan mahorijul hurufnya yang masih perlu ketelitian,” terangnya.



Tiga peserta terbaik Hafiz Kids Competition mendapatkan trophy, sertifikat kepesertaan, sejumlah uang pembinaan, dan voucher dari Jatim Park Group. Saat menerima trophy ketiganya tersenyum lebar tampak kebahagiaan keluar dari raut wajah mereka.

Sebelumnya diberitakan ketiga juara ini akan diadu dengan finalis di hari kedua. Namun karena di hari kedua peserta yang mengikuti seleksi hanya tersisa 15 orang dari 100 orang maka penjurian dilakukan dengan cara pemeringkatan nilai. Akhirnya, keluarlah hasil nilai tertinggi tetap diperoleh dari peserta yang diseleksi hari pertama.

“Untuk itu sebagai bentuk apresiasi kita memberi bingkisan kepada peserta yang berprestasi di hari kedua yakni Kelana Jati dari SD Plus Al-Kautsar, Atika Rahma dari SD Moh Hatta, dan Aqila Salsabila dari SD Mutiara Hati. Selain itu ada juga peserta berprestasi karena sudah menghafal 6 juz meski terpaut umur 7 tahun yakni Shafia Ali Bin Ali Yusif dari Minu Polowijen” terang Koordinator Naura Ramadan, Selma Kirana.

Acara ini sendiri diadakan untuk menyemarakkan Ramadan sekaligus menyambut hari jadi Jawa Pos Radar Malang ke 20. Selain hafiz kids competition, pada 14 hingga 16 Mei mendatang akan digelar kompetisi Al Banjari.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Laoh Mahfud
Penyunting: Fia