Ini Data dan Fakta Laga Spanyol Kontra Rusia

Spanyol vs Rusia, Timnas Spanyol, Timnas Rusia, Piala Dunia 2018, Babak 16 Besar

JawaPos.com – Spanyol dan Rusia bakal saling sikut di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Minggu (1/7) malam WIB, di Stadion Luzhniki. Laga nanti dipimpin wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers. Ini menjadi pertemuan pertama Spanyol dan Rusia di pentas Piala Dunia meski sudah 6 kali bersua di sejumlah ajang.

Dari 6 pertemuan sebelumnya, Spanyol berhasil menang 4 kali, sementara Rusia masih nirkemenangan. Sedangkan dua laga lainnya berakhir imbang. Dalam turnamen resmi, La Furia Roja selalu menang atas Rusia.

Berikut Data dan Fakta Spanyol vs Rusia
– Semenjak Uni Soviet bubar, Rusia tak pernah mengalahkan Spanyol. Dari 6 pertemuan, imbang 2 kali dan kalah 4 kali.

Rusia selalu kalah dari Spanyol di turnamen mayor (Angger Bondan/Jawa Pos)

– Pada laga terakhir kedua tim, skor berakhir imbang 3-3. Itu terjadi pada pemanasan jelang bergulirnya Piala Dunia 2018.



– Rusia selalu kalah dari Spanyol dalam turnamen resmi. Yakni di fase grup dan semifinal Euro 2008 serta di fase grup Euro 2004.

– Laga nanti bakal menjadi pertandingan ke-30 Andres Iniesta di turnamen mayor. Dia akan menjadi pemain Spanyol ketiga yang meraihnya setelah Iker Casillas dan Sergio Ramos.

– Iniesta tak lagi mencetak gol bagi Spanyol di turnamen mayor sejak mencetak gol di final Piala Dunia 2010 melawan Belanda.

– Spanyol mencetak 11 gol dalam 12 laga terakhir di Piala Dunia.

– Spanyol mampu melaju ke perempat final dalam 5 Piala Dunia. Pada 2010, mereka mampu juara.

– Semenjak Uni Soviet bubar, Rusia baru sekali menang di babak knock-out turnamen resmi. Itu terjadi di Euro 2008 saat melawan Belanda di perempat final. Rusia menang 3-1. Namun, di semifinal kalah dari Spanyol.

(epr/JPC)