Ini Ciri Khas Generasi Z Menurut Khofifah Indar Parawansa

MALANG KOTA – Khofifah Indar Parawansa, gubernur Jatim terpilih rupanya faham betul budaya yang dianut generasi Z saat ini. Itu terbukti dari luwesnya ia menyampaikan materi pada acara PKK Maba FISIP Universitas Brawijaya, Rabu (15/8).

Dalam acara yang kebanyakan dihadiri oleh generasi Z ini, Khofifah menekankan generasi ini agar lebih selektif dalam memilih berita, khususnya terkait politik dan nasionalisme.

“Jika senang browsing di internet, cari informasi lewat sosial media juga harus dipilah pilah” tegasnya.

Dia juga menyebut jika generasi millenial memiliki ciri khas percaya diri yang tinggi dan kreatif. “Generasi Z ini rata rata juga punya tingkat interaksi melalui sosial media yang tinggi,” sebut Khofifah.

Khofifah mengingatkan agar generasi Z jangan terprovokasi berita hoax. “Harus pintar, saring sebelum sharing,” tegasnya.



Dalam bidang ekonomi, Khofifah menyebut generasi Z masa kini identik dengan gig ekonomi, di mana anak muda senang dengan kontrak kerja jangka pendek.

Selain itu dalam kesempatan tersebut, Khofifah memberikan hadiah bendera Indonesia kepada maba yang berani berpendapat dan maju ke depan.

Andi Muhammad berpendapat generasi Z harus bijak dalam bersosial media. “Kita masih sering memperdebatkan hal yang tidak penting di sosial media” sebut mahasiswa baru dari ilmu politik ini dilanjutkan tepuk tangan dari peserta.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Elfran Vido