Ini Cara Dinkes Kota Malang Beri Warisan Ke Generasi Masa Depan

KOTA MALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang rupanya tidak mau menunggu adanya masalah dalam mengupayakan kesehatan di Kota Malang. Menengok Kota Malang adalah kota nomor dua terbesar di Jawa Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari MM bahkan menyebut di Kota Malang sebenarnya tidak ada masalah kesehatan yang begitu berarti.

Namun, Asih mengaku ingin menjaga generasi ke depan di Kota Malang. “Kita kan ingin generasi yang mengganti kita jadi lebih baik,” tegasnya waktu ditemui pada acara Konsultasi dan Penyuluhan Gizi Untuk Masyarakat Umum dalam Penanggulangan Masalah Gizi di Car Free Day, Kota Malang, Minggu, (25/11)

Untuk itu, pihaknya mengaku tidak harus menunggu adanya masalah, tapi lebih bagaimana mencegah suatu masalah timbul. “Kita tidak mengatasi saja, namun mengupayakan masyarakat ini menjadi sehat,” urainya saat ditemui radarmalang.id.


Ke depan, ia berharap upaya yang digalakkan Dinkes Kota Malang ini mampu berpengaruh mengurangi penyakit yang ada di masyarakat. “Contohnya seperti hipertensi, sakit jantung, diabetes, dan stroke, jadi dari awal kita rubah pola makan itu,” papar Asih.

Salah satu program yang kini getol disosialisasikan Dinkes adalah program PiringKu. Yaitu, program yang memberikan informasi penerapan gizi seimbang yang dibuat menjadi bentuk Kipas yang berisi gambar pola makan hidup sehat.

Di dalamnya, ada informasi sajian sekali makan yang bisa dijadikan patokan hidup sehat. Patokannya adalah setengah piring berisi sepertiga lauk pauk dan dua per tiga makanan pokok, ditambah setengah piring buah dan sayur.

“Kita juga harus mulai sekarang mulai mengurangi konsumsi nasi,” tegasnya.

Selain PiringKu, Dinkes juga terus mensosialisakan masalah stunting atau gangguan pertumbuhan yang dialami anak anak sehingga memiliki tinggi badan yang lebih rendah dibanding anak anak seusianya.

“Makanya masalah masalah kesehatan ini harus dicegah sejak dini, agar ke depannya generasi mendatang kita bisa lebihsehat,” tutup Asih.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia