Ini Anjuran Untuk Wanita Haid Saat Salat Idul Fitri

Salat Idul Fitri di Masjid Agung Jami.

KOTA MALANG – Besok pagi (5/6) kita akan merayakan hari kemenangan umat muslim dengan melaksanakan salat Idul Fitri. Lantas bagaimana dengan wanita haid yang tidak bisa ikut salat?. Berikut radarmalang.id paparkan penjelasan secara agamanya dari Dosen Agama Islam Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Abdul Wahid M.Pd.

Diriwayatkan oleh Al Bukhari (324) dan Muslim (890), dari Ummu ‘Athiyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar mengajak serta keluar melakukan salat Idul Fitri dan Idul Adha para gadis, wanita haid dan wanita yang sedang dipingit.

Adapun mereka yang sedang haid meskipun tidak ikut salat, namun turut menyaksikan kebaikan dan menyambut seruan kaum muslimin. Meskipun diperbolehkan menghadiri, namun wanita yang haid dianjurkan untuk menjauhi tempat salat. Sehingga wanita haid harus berada di sekitar masjid saja. “Perempuan yang berhalangan cukup mendengar khutbah,” tegas Wahid

Lebih lanjut, wanita haid saat menghadiri dianjurkan tanpa mesti tabarruj (menampakkan perhiasan dirinya), juga tanpa menggunakan harum-haruman. Hendaklah wanita haid menjalankan sunnah (untuk keluar ke lapangan), dengan tetap menjaga diri agar jangan sampai menimbulkan fitnah (menggoda yang lainnya)

Sementara, Imam Sa’id bin Al Musayyib mengatakan dalam hadistnya bahwa Hal-hal yang disunnahkan saat Iedul Fitri (di antaranya) ada tiga. Yakni berjalan menuju tanah lapang, makan sebelum salat ‘Ied, dan mandi (Diriwayatkan oleh Al Firyabi dengan sanad shohih, Ahkamul Iedain, Syaikh Ali bin Hasan).



“Sebaiknya juga mengumandangkan takbir selama dalam perjalanan menuju lapangan atau tempat ibadah,” tukas Wahid.

Ia mengingatkan, bagi umat Islam yang hendak salat Idul Fitri untuk mandi dan memakai wangi-wangian serta menyiapkan niat salat Ied yang akan dibaca saat mengawali salat. Berikut niat salat Ied untuk makmum.

Usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa

Artinya: Saya niat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai makmum karena Allah Taala.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: dok JPRM
Penyunting: Fia