Ini Alasan Paulinho Memilih Tinggalkan Barcelona

paulinho

JawaPos.com – Kabar kepergian Paulinho dari Barcelona akhirnya dipastikan kebenarannya. Senin (9/7), gelandang Timnas Brasil yang tampil di Piala Dunia 2018 ini resmi kembali ke klub lamanya Guangzhou Evergrande.

Paulinho akan bergabung dengan Guanzhou dengan status pinjaman selama satu musim. Guangzhou mendapat opsi melakukan pembelian di akhir musim nanti. Klub Liga Tiongkok itu akan menjadi pilihan pertama melakukan pembelian kalau memang Paulinho tidak mau kembali ke Barcelona.

Kepindahan ini jelas dirasa aneh. Pasalnya, penampilan gelandang 30 tahun ini musim lalu jauh dari kata buruk. Sebelum Barcelona diperkuat Philippe Coutinho yang bergabung di tengah musim, Paulinho mampu mendukung kerja Lionel Messi dan Luis Suarez.

Meski sempat dipertanyakan kualitasnya saat Barcelona membelinya awal musim lalu, Paulinho mampu menjawab semua kritikan dengan penampilan menawan. Tak kurang dari 49 laga yang telah dilakoni Paulinho dalam satu musim berkostum Barcelona. Paulinho ikut berkontribusi dalam prestasi double winners yang diraih Barcelona musim lalu.



“Kualitas dari Super League terus meningkat dari tahun ke tahun. Prospek perkembangan kompetisi pun sangat bagus. Setelah berlatih bersama Evergrande, Barcelona, dan Timnas Brasil di Piala Dunia, saya mendapatkan pengalaman yang bagus,” ungkap Paulinho dikutip Guardian.

Paulinho tentu sudah berpikir panjang ketika menyetujui untuk kembali membela Guangzhou. Salah satunya adalah karena ingin mempersembahkan trofi juara bagi Guangzhou.

“Saya pilih untuk kembali ke Super League kali ini. Dengan harapan bisa memberi banyak gelar juara bagi Guangzhou dan fans mereka. Saya juga berharap bisa memberikan lebih banyak kegemilangan bagi Super League,” imbuh dia.

Bagaimanapun, Paulinho telah memberikan warna yang berbeda sepanjang kehadirannya musim lalu. Salah satu catatan apik yang diraihnya adalah tak pernah mengalami kekalahan sepanjang 49 pertandingannya bersama Barcelona.

(adw/JPC)