Ini 8 Kesalahan Diet Ekstra Ketat yang Tak Sehat

Ini 8 Kesalahan Diet Ekstra Ketat yang Tak Sehat

Cobalah menerapkan tekad di dalam hati untuk melakukan perubahan gaya hidup. Kesehatan yang baik hanya bisa dicapai dengan kombinasi diet seimbang, olahraga teratur dan manajemen stres. Selain itu, jauhi rokok dan alkohol, serta polusi. Boldsky, Selasa (26/12) memberikan delapan catatan untuk tak lagi dilakukan dalam rencana diet di tahun depan sebab membuat tubuh tak sehat.

Kesalahan 1 : Jauhi Makanan Tertentu
Banyak orang salah kaprah misalnya menjauhi makanan tertentu seperti produk susu atau karbohidrat. Keduanya bahkan tak dimakan sama sekali. Padahal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Jangan dihindari tapi cukup dibatasi.

Kesalahan 2 : Menetapkan Target yang Tak Realistis

Banyak orang yang ingin kurus menetapkan target tak realistis. Misalnya, ingin kurus 10 kilogram dalam 15 hari. Jika tak tercapai maka diet ekstra ketat justru bikin stres.

Kesalahan 3 : Konsumsi Pil Diet
Banyak orang mengonsumsi pil diet yang berjanji akan mengurangi berat badan dengan cepat. Namun, telah terbukti bahwa pil atau obat-obatan pasti punya efek samping dan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kesalahan 4 : Tidak Menyadari Hasil
Kontrol berat badan secara berkala. Jangan sampai khilaf terus mengurangi porsi makan berlebihan padahal bobot tubuh sudah sedikit berkurang.

Kesalahan 5 : Memiliki Banyak Aturan
Diet adalah persoalan disiplin pola makan. Namun, jika terlalu banyak peraturan soal makan, hal itu bisa membuat gizi tak seimbang.

Kesalahan 6 : Tidak Sabar
Diet juga mendorong seseorang harus cukup sabar untuk menunggu hasilnya, karena mungkin saja tubuh memerlukan waktu agar tingkat metabolisme bisa lebih baik.

Kesalahan 7 : Hindari Lemak
Banyak orang yang memulai diet percaya bahwa menghindari semua jenis makanan berlemak dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, lemak sehat yang ditemukan pada makanan seperti kelapa, ghee, alpukat, sangat penting untuk kesehatan dan harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Kesalahan 8 : Menunda Makan
Melewatkan atau menunda makan, terutama sarapan pagi bisa kontraproduktif dan berbahaya bagi kesehatan, karena bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.


(ika/JPC)