Ini 3 Hal yang Dapat Merusak Masa Pensiun Anda

MALANG – Banyak orang yang bekerja keras untuk dapat menikmati masa tua mereka nantinya. Kebiasaan yang bisa mempengaruhi cara seseorang dalam menabung untuk masa pensiunpun bervariasi. Kebiasaan tersebut ada yang baik dan buruk.

Dilansir dari Foxbusiness, Rabu (3/7), seorang ahli pakar keuangan, Chris Hogan, mengatakan dalam wawancaranya “Pensiun bukanlah tentang usia, itu hanyalah angka finansial. Jadi menabunglah secara ‘sengaja’ tapi juga ‘hati-hati’”

Berikut tiga kebiasaan buruk yang dapat merusak masa pensiun anda yang telah dirinci dalam sebuah artikel The Motley Fool :

1. Membeli Barang Karena Sedang Diskon

Bagi mereka yang suka belanja, diskon musim panas adalah momen yang paling ditunggu. Menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli barang diskon berpotensi besar untuk menggagalkan tabungan pensiun.



“Pada musim panas orang-orang menjadi senang dan bersemangat. Tapi, kita tidak boleh membeli barang hanya karena barang itu tengah didiskon. Kita harus lebih berhati-hati. Tetaplah ingat dengan rencana yang sudah dibuat sebelumnya,” kata Hogan saat diwawancarai di ‘Morning with Maria.’

2. Meremehkan Hal-Hal Kecil.

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Hal-hal kecil dapat bertambah di kemudian hari, menurut Hogan. Kita harus memperhatikan hal-hal kecil. Misalnya berlangganan untuk seuatu yang nantinya tidak digunakan lagi atau menghabiskan sejumlah dolar untuk kopi mewah setiap bulannya, ”katanya.

3. Menghabiskan Banyak Uang Karena Merasa “Mampu”.

Menghabiskan uang simpanan dapat menghambat kita membangun kekayaan di masa pensiun nanti.
“Saya ingin kita lebih memperhatikan masa depan. Ingat mimpi untuk masa pensiun kita,” pungkas Hogan.

Penulis : Angelia Wijaya
Foto : Istimewa