Ingin Tetap Olahraga Selama Puasa? Ikuti Tips Dari Instruktur Zumba Ini

KOTA MALANG – Selama puasa, biasanya akan jadi alasan untuk tidak berolahraga. Kegiatan fisik dianggap dapat membuat tubuh makin lemas akibat kekurangan cairan, padahal kenyataannya aktivitas olahraga saat puasa bisa berdampak sebaliknya.

“Saat Puasa, kita juga bisa melakukan aktifitas olahraga, asal dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan,” kata Instruktur Zumba asal Kota Malang, Sony Robertus.

Pria yang juga tergabung dalam Zumba Instructure Network (ZIN) ini menyarankan saat puasa memilih gerakan yang lebih ringan dan tempo lambat seperti gerakan Pembentukan.

“Nggak usah ngoyo, yang penting keluar keringat. Yang terpenting aslinya mau olahraga saja, soalnya kalau puasa biasanya identik dengan tidur ya,” tambahnya.

Jika sudah merasa mentok dan lelah, sebaiknya olahraga ataupun senam dihentikan. “Tidak usah dipaksa itu intinya. Kalau capek ya berhenti. memilih olahraga yang disukai itu juga penting,” tandasnya.



Untuk kasus orang yang lebih tua ataupun lansia, ia menyarankan dengan mengisi puasa dengan jalan kaki atau jogging. “Yang penting gerak dan gerak, itu saja. Tapi tetap jangan ngoyo, sesuaikan dengan kemampuan diri,” tutup Sony.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia