Ingin Jadi Dewan? Minimal Singkirkan 13 Bacaleg Lain

Pendaftaran Bacaleg Kota Malang.

MALANG KOTA – Analisis matematika ini mungkin bisa dimanfaatkan bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan bertarung di Pileg 2019. Berdasarkan analisis tersebut, bagi bacaleg yang ingin melenggang ke kursi dewan, minimal harus menyingkirkan 13 bacaleg lain.

Jumlah ini didapatkan dari jumlah bacaleg yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang yang mencapai 581 orang. Sedangkan jumlah kursi yang diperebutkan di parlemen, yaitu 45 kursi. Praktis, secara matematis, bacaleg minimal harus mampu ”menyingkirkan” 13 bacaleg lain jika ingin jadi anggota dewan. Hal ini dengan asumsi, 581 bacaleg tersebut lolos seleksi administrasi yang saat ini masih memasuki tahapan perbaikan berkas hingga besok (31/7).

Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Malang Deny Baktiar menyatakan, jumlah bacaleg yang mendaftar memang ada 581 orang. Jumlah ini dari 14 partai peserta Pemilu 2019.

Perlu diketahui, dua partai politik (parpol) tidak mengirimkan bacalegnya hingga batas akhir pendaftaran. Jadi, secara otomatis dua parpol ini tidak bisa mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Dua parpol tersebut, yaitu PKPI dan Partai Garuda. Sedangkan sebanyak 14 parpol peserta pileg adalah PKB, PAN, PSI, PPP, PKS, Nasdem, PKB, Hanura, Gerindra, Berkarya, PDIP, Golkar, Demokrat, dan Perindo.

”Kalau jumlah totalnya bacaleg ada 581 orang. Jumlah ini dari 14 parpol,” kata alumnus Unmer Malang ini.



Menurut dia, jumlah tersebut masih berpotensi berkurang jika persyaratan bacaleg tidak terpenuhi. Karena saat ini masih memasuki tahapan perbaikan berkas bacaleg. ”Kalau lolos, namanya jadi calon legislatif (caleg) nanti,” ungkapnya.

Lebih lanjut, caleg tersebut yang akan bertarung untuk memperebutkan 45 kursi di parlemen Kota Malang. Jadi, warga bisa mengetahui siapa saja yang bakal menjadi wakilnya di parlemen nanti.

”Nanti juga akan kami publish di website resmi KPU,” tambah dia.

Sementara itu, divisi hukum KPU Kota Malang menyampaikan, hingga kemarin pukul 11.49 WIB, masih belum ada lagi parpol yang menyerahkan berkas perbaikan bacaleg ke kantornya. Jadi, masih 4 parpol yang sudah menyerahkan berkas, yaitu PDIP, Golkar, Demokrat, dan Perindo.

”Kami masih menunggu terus penyerahan berkasnya,” ungkap sarjana hukum ini.

Pewarta: Imam Nasrodin
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Falahi Mubarok