Ingatkan Pentingnya Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

KABUPATEN – Hidup adalah perjuangan. Memberi santunan juga butuh perjuangan. Inilah yang dilakukan rombongan PT Anugerah Citra Abadi (PT ACA) saat memberikan santunan di tiga kecamatan paling timur Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, dan Dampit, Rabu lalu (21/6).

Selain harus berangkat pukul 07.00 pagi, saat di lokasi, yakni di Desa Wirotaman, Ampelgading, hujan turun sangat deras. Kendati demikian, anak yatim piatu sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Hiburan seperti sulap hingga musik dari Bian eks vokalis D’Bagindas membuat anak yatim piatu itu makin betah. Setiap nyanyian Bian, seperti lagu berjudul C-I-N-T-A, ikut dinyanyikan anak yatim piatu sampai akhir.

Para rombongan yang hadir juga terhibur. Dalam rombongan tersebut, hadir Wakil Bupati (Wabup) Malang M. Sanusi, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Arm Muridan, dan Denbekang V-44-03 Letkol Cba Rahmat Hidayat, Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, dan lain-lain.

Iwan mengisi acara santunan tersebut dengan penuh humor dan kuis. ”Siapa yang hafal Pancasila?,” kata Iwan. Tak pelak, para yatim piatu berebut menjawab. Beberapa ada juga yang grogi ketika menjawab.

”Jangan malu, yang tenang,” imbuhnya. Ketika ada anak yang berhasil menjawab, Iwan langsung memberikan mainan spinner.

Dalam sambutannya, Sanusi pun mengingatkan para anak yatim piatu tentang pentingnya nasionalisme.

”Semangat Bhinneka Tunggal Ika harus dipegang. Keinginan saling membantu harus ditingkatkan,” kata dia. Wabup Malang ini menambahkan, membantu orang lain adalah perbuatan yang mulia. ”Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna untuk manusia lain,” kata Sanusi.

Sementara itu, Camat Ampelgading Mumuk Hadi Martono menyatakan, dia berterima kasih atas kunjungan PT ACA. ”Saya terima kasih pada Pak Iwan yang rela menyisikah penghasilannya untuk membantu masyarakat kami,” kata dia. Di Ampelgading, ada 345 anak yatim piatu yang mendapatkan bantuan.

”Ini sangat membantu dan kami harap bisa dimanfaatkan untuk para siswa.” kata dia.

Senada dengan Mumuk, Camat Dampit Bagus Sulistyawan menyatakan, kurang lebih ada 500 anak yatim piatu dari seluruh desa di kecamatannya yang ikut dalam santunan tersebut.

”Kami sangat berterima kasih. Ini sangat berharga bagi anak-anak dan sangat membantu masyarakat khususnya yang ada di Dampit,” pungkasnya.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Aris Dwi