Ingat! ETLE Diterapkan 1 November, Pelanggar Akan Kena Sanksi Tilang






JawaPos.com – Uji coba sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) telah dilakukan sejak 1 Oktober silam. Memasuki pekan ketiga uji coba, Polda Metro Jaya melakukan sosialisasi penindakan sistem ini kepada para pengendara yang melintasi simpang Sarinah dan simpang Patung Kuda, Senin (15/10).





Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada pengendara bahwa penindakan sistem ETLE akan dimulai pada 1 November mendatang. Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat mengetahui adanya kebijakan sistem tilang elektronik ini.







“Tanggal 1 November sudah dilaksanakan penindakan. Kalau sekarang, mungkin belum tahu. Kesempatan sekarang ini mereka kami kasih tahu. Termasuk prosedur dan sebagainya, melalui brosur yang kami bagikan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf saat dikonfirmasi, Senin (15/10).



Infografis ETLE (Kokoh Praba/JawaPos.com)





Pembagian brosur sosialisasi akan berlangsung hingga satu pekan ke depan. Sehingga, tidak ada alasan bagi pengendara tidak tahu jika per 1 November penindakan sistem ETLE sudah diterapkan.





Selain kepada pengguna jalan, Ditlantas PMJ pun akan menyosialisakan penindakan sistem ETLE kepada komunitas-komunitas pengguna jalan, seperti angkutan online, ojak pangkalan, sopir taksi, dan lainnya.





“Selama satu minggu ini kami laksanakan seperti ini. Jadi, brosur kami sebar, dan pemasangan spanduk. Dan kami berikan penjelasan di sana,” ujarnya.






Seperti diketahui, melalui sistem ETLE ini pelanggar lalu lintas tidak ditindak di tempat. Pelanggar yang terekam kamera CCTV, akan mendapatkan surat tilang yang dikirim ke rumah pemilik kendaraan. Diharapkan dengan sistem ini pelanggar lalu lintas bisa berkurang.






(wiw/JPC)