Industri Fintech Kian Pesat, Salurkan Pinjaman hingga Rp 1 Triliun

JawaPos.com – Geliat perusahaan layanan finansial berbasis teknologi atau dikenal dengan fintech semakin berkembang pesat. Jumlahnya pun kian bertambah. Hal tersebut juga dirasakan Easycas, salah satu pemain fintech di Tanah Air.

Layanan milik startup Fintopia itu sejak awal fokus melayani pendanaan pinjaman perorangan dan pemberi pinjaman. Hingga saat ini Easycash dalam keterangan tertulisnya mengklaim telah mendanai Rp 1 Triliun untuk sekitar 200 ribu orang Indonesia, total peminjam akumulasi (lembaga dan individu) 258.594, dan jumlah peminjam aktif sebesar 66.272.

Easycash menyebut bahwa pencapaian tersebut berkat keahliannya dalam hal teknologi yang dikembangkan oleh orang-orang yang sebelumnya telah berpengalaman di Silicon Valley. Sebagai platform pinjaman online jangka pendek, Easycash menggunakan algoritma berbasis data yang mampu menentukan kelayakan kredit nasabahnya.

Selain itu, Easycash juga menganut filosofi bisnis yang seimbang. Perusahaan tidak hanya mencari peningkatan bisnis dan promosi agresif untuk memaksimalkan laba jangka pendek, tetapi juga selalu menganggap pengendalian risiko sebagai prioritas utama.

Easycash bahkan baru-baru ini menyabet penghargaan The Best P2P Lending oleh Indonesia Multifinance Award Awards 2019. “Penghargaan ini akan meningkatkan semangat tim Easycash untuk terus menghadirkan layanan yang memprioritaskan nasabah dengan prinsip yang cepat dan terpercaya,” ujar Fadhly Operational Manager Easycash.

Sekadar Informasi, Fintopia sendiri merupakan startup fintech asal Tiongkok. Kehadirannya di Indonesia tak lain karena Indonesia dianggap sebagai salah satu pusat ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Selain di Indonesia, Fintopia juga sudah berkembang di berbagai negara, seperti Filipina, Thailand, Jepang, dan lainnya.