Indomaret SPBU Shell Kebal Moratorium, Ini Alasannya

Indomaret di SPBU Shell Jalan Kawi Kota Malang

KOTA MALANG- Moratorium 2017 Pemkot Malang tentang pelarangan pembangunan toko modern ternyata masih punya celah. Buktinya, Indomaret di SPBU Shell, Jl. Kawi bisa beroperasi.

Bahkan, toko modern tersebut telah mengantongi Suart Izin Usaha Toko Modern yang telah diverifikasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pada April lalu oleh mantan Plt. Kepala DPMPTSP, Drs. Subkhan.

“Iya kemarin sudah saya cek. Ternyata itu benar. Yang bertanda tangan pak Drs. Subkhan,” tutur kepala DPMPTSP, Erik Setyo Santoso saat ditemui radarmalang.id, Senin (15/7).

Selanjutnya, ia menjelaskan, kalau munculnya SIUTM Indomaret itu bisa muncul dikarenakan surat izin usaha toko waralaba tersebut hanya sebagai usaha penunjang dari SPBU Shell atau PT. Petrolux Andal Araya. “Itu kan bukan dari PT. PT Indomarco Prismatama, tapi PT. Petrolux Arya Mandala. Jadi Indomaret itu cuma sebagai penunjang saja,” tuturnya.



Oleh karena itu, kata Erik, Indomaret tersebut kini masih beroperasi dan tak bisa tersentuh oleh Peraturan Daerah atau moratorium yang berlaku di Kota Malang itu. “Ini udah ada SIUTM jadi ya masih buka dia dengan catatan sebagai usaha penunjang di sekitaran SPBU Shell,” tuturnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, pemerintah Kota Malang masih terus memperbaiki peraturan agar kejadian Indomaret SPBU Shell tak terulang lagi. “Iya kita ini masih menata Mas,” ujar Sutiaji, Senin (15/7).

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Bob Bimantara Leander