Incar Pemain Timnas Turkmenistan

Arema FC terus mengincar pemain asing jelang digebernya putaran kedua Liga 1 pada 4 Agustus mendatang.

MALANG KOTA – Arema FC terus mengincar pemain asing jelang digebernya putaran kedua Liga 1 pada 4 Agustus mendatang. Setelah gagal merekut pemain Australia Brent Griffiths karena tidak lolos verifikasi PSSI, Singo Edang mengalihkan incarannya kepada pemain asing asal Turkmenistan, Jepang, dan Korea Seletan.

Menurut sumber Jawa Pos Radar Malang, salah satu pemain yang diincar adalah pemain Tim Nasional (Timnas) Turkmenistan. Pemain yang berposisi sebagai stoper tersebut bernama Mekan Saparov. Pemain 23 tahun ini diproyeksi menggantikan Jad Noureddine yang diputus kontrak.

Mekan Saparov sudah bergabung dengan Timnas Turkmenistan 2014 lalu. Kualifikasi mantan pemain FC Balkan ini juga lumayan bagus, yakni pernah berlaga di Piala Asia dan AFC Asian Cup. Saat Turkmenistan kalah 1-3 dari Iran, Mekan menjadi satu-satunya pencetak gol.

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, General Manager Arema FC Ruddy Widodo tidak mengelak kalau ada pemain Turkmenistan yang sedang diincar. Hanya, dia tidak mau menyebutkan nama. ”Ada satu pemain dari Turkmenistan. Kemungkinan dalam satu dua hari ini akan kita datangkan,” katanya kapada Jawa Pos Radar Malang kemarin (31/7).

Ruddy tidak mau menyebutkan karena belum ada kontrak hitam di atas putih. ”Dilihat saja nanti, karena kami belajar dari sebelumnya. Yang sudah datang saja (Brent Griffiths, Red) bisa gagal, apalagi ini yang belum,” imbuh pria berlatar belakang pengusaha ini.



Dia ingin memastikan pemain tersebut akan lolos tes medis dan verifikasi dari PSSI. Jika dua urusan itu sudah klir, baru dia akan mengenalkannya kepada publik. ”Kami jalankan dulu prosedurnya. Namun, jika pemain ini lolos, harapannya sudah bisa dimainkan saat pertandingan putaran kedua,” kata dia.

Artinya, Arema punya waktu yang singkat untuk men-training pemain asing tersebut. Sebab, pada 4 Agustus sudah harus bertandang ke markas Bhayangkara FC. Mengenai siapa pemain tersebut, Ruddy menyebutkan, yang jelas bukan dari Australia. Arema FC seolah trauma merekrut pemain asal Australia.

Sebab, kualifikasi dari PSSI sangat ketat, yakni pemain tersebut harus sudah membela Timnas Australia.
Saat ini, Arema FC mempunyai satu slot pemain asing dari Asia. Lantaran, kontrak Jad Noureddine yang berasal dari Lebanon tidak diperpanjang. Jad dinilai kurang memenuhi ekspektasi sebagai pemain asing. Kualitasnya masih kalah jauh jika dibandingkan stoper Arthur Cunha yang juga pemain asing.

Selain pemain asing, saat ini Arema FC juga tengah memburu pemain lokal. Ruddy menyebutkan, timnya membutuhkan satu penyerang murni yang bisa diposisikan seperti Crtistian ”El Loco” Gonzales. ”Kalau lokal memang butuh satu, (yakni) penyerang,” kata pria asal Madiun tersebut. Namun, diakuinya, mencari pemain lokal cukup sulit, karena rata-rata pemain yang berkualitas sudah mempunyai klub dan tidak dilepas. ”Kalau bidikan kami yang masih muda, yang U-23 lah,” pungkasnya.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Arief Rohman