Imam Besar Masjid Agung Jami’ Malang Tutup Usia

 

KOTA MALANG – Warga Malang kehilangan salah satu ulama besar. Imam Besar Masjid Agung Jami’ Malang KH M Muhson Sahlan meninggal dunia pukul 07.25 di Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA), Sabtu (16/10).

Dijelaskan anak pertama KH Muhson Sahla , Muhammad Fathi meninggalnya sosok yang dikenal akan keistiqomahan beribadah itu karena penyakit gula darah yang dideritanya sejak 10 tahun lalu.

“Dan tiga hari ini gula darahnya ngedrop dan tidak sadarkan diri. Terus kami bawa ke rumah sakit,” ujarnya seusai proses pemakaman KH. Muhson Sahlan di TPU Kasin. “Dan di sana langsung dirawat di ICU dan akhirnya tutup usia hari ini,” tambahnya.

Fatih juga menjelaskan meskipun mengidap penyakit tersebut, tidak menghalangi Pria kelahiran Kudus tahun 1956 tersebut untuk rutin menjadi imam salat di Masjid Jami’.

“Beliau masih tetap ke Masjid Jami’ rutin menjadi imam salat lima waktu. Itu berhenti sampai ada suatu kejadian di mana pada saat menjadi imam, di rokaat pertama ia menghadap ke kiblat lantas pada rokaat selanjutnya berubah arah,” tambahnya.

Oleh karena itu sejak dua tahun lalu, Fatih mengatakan, bapak empat anak itu disarankan untuk tidak menjadi imam lagi.

“Sudah tidak disarankan lagi dan istirahat di rumah karena juga kondisinya yang kian memburuk,” tuturnya.

Sebagai informasi, sebelum dimakamkan di TPS Kasin, ratusan orang termasuk Ketua PCNU Kota Malang, Isroqunnajah melakukan salat Jenazah di Masjid Agung Jami’ Malang.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander