Ikut Merasakan Gempa, Bupati Lampung Barat Pastikan Wilayahnya Aman

JawaPos.com – Gempa 7,4 skala richter mengguncang wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada Jumat (2/8) malam, sekitar pukul 19.03. Namun gempa yang berpusat di Samudera Hindia Selatan tersebut juga mengguncang Kabupaten Lampung Barat.

Saat dikonfirmasi, ?Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus mengatakan gempa tersebut terjadi selama empat menit. Hampir semua di Kabupaten Lampung Barat merasakan guncangannya.

“Kalau untuk di Lampung Barat tadi hampir sekira empat menitan. Hampir semua Kabupaten Lampung Barat berasa semua,” ujar Parosil kepada JawaPos.com, Jumat (8/2).

Parosil mengatakan, masyarakat Lampung Barat tidak merasa panik. Karena saat kejadian mayoritas masyarakat sedang tidak berada di rumah. Karena ingin melaksanakan Salat Isya.

Berdasarkan laporan yang diterima tidak ada infrastruktur yang rusak. Termasuk listrik dan juga jaringan komunikasi handphone. Sehingga dia berharap jangan ada infratruktur yang rusak.

?”Jadi kita anggap ini juga aman. Listrik juga tidak ada yang mati,” ungkapnya.

Parosil mengapresiasi masyarakatnya yang tidak panik dan tanggap terhadap bencana. Sebab dirinya terus memberikan sosialiasai untuk memberikan edukasi mengenai bencana alam.

“Di Kabupaten Lampung Barat sudah tanggap terhadap bencana. Masyarakat Lampung Barat ini sering kita berikan sosialisasi kalau terjadi yang apa-apa sudah ada pengatahuan,” pungkasnya.

?Sebelumnya, gempa bumi mengguncang wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten Jumat (2/8) malam, sekira pukul 19.03. Berdasar data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa itu berpusat di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, tepatnya di Sumur, Banten dengan kedalaman 10 km. Kekuatan gempa mencapai 7,4 skala richter. BMKG pun mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya mengatakan, gempa tektonik terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Gunawan Wibisono