Ikatan Mahasiswa Geodesi Gelar Education Day di Kampus II ITN Malang

Mahasiswa Geodesi se Indonesia kumpul di kampus 2 ITN Malang.

MALANG – Menjadi kampus yang siap bersaing di era industri 4.0. Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menjadi tuan rumah Ikatan Mahasiswa Geodesi Indonesia (IMGI) lewat kegiatan bertajuk ‘Education Day’ yang berlangsung di Kampus 2, ITN Malang, Sabtu (16/2).

Event yang berlangsung sekitar pukul 09.00 ini diikuti oleh mahasiswa jurusan geodesi hampir seluru Nusantara. Di antaranya, Institusi Teknologi Bandung (ITB), kemudian, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Penerapan teknologi foto udara menjadi salah satu yang dibahas dalam kegiatan tahunan ini. “Kita kan di sini sudah menghadapi revolusi 4.0 jadi harus ada pembaruan teknologi,” kata ketua pelaksana acara M. Habil Yusuf.

Menurut mahasiswa semester 6 jurusan Geodesi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITN Malang ini, menggunakan teknologi foto udara akan mempengaruhi percepatan dalam perencanaan dan pembangunan kota yang lebih maksimal.

“Pemetaan foto itu baru digunakan pada pesawat UAV dan drone. Kalau pakai itu bisa lebih cepat, efisien, dan jangkauan area yan terdeteksi lebi luas,” beber dia



Menariknya, tak hanya sekadar teori dalam kelas, nantinya juga akan ada praktik secara langsung di lapangan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IMGI, Krisna Fitranto Nugroho mengatakan tujuan event ini memang untuk mengenali sekaligus menggali isu yang sedang tren.

“Harapannya, usai pulang dari sini temen-temen bisa kembali ke institusi masing-masing untuk dikenalkan,” tutup mahasiswa UGM itu.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia