Ikan Aneh Jenis Baru

Pesan menggelikan sekaligus menyesatkan yang terbaru adalah posting-an tentang jenis ikan baru yang sebagian tubuhnya berbentuk manusia. ”Yang membagikan dan komen Amin, semoga dijauhkan dari hal-hal buruk. Aamiin,” tulis akun tersebut tanpa banyak ba-bi-bu.

Dalam posting-an statusnya, Siti Aisyah juga mengunggah satu video dan satu gambar makhluk hidup mirip ikan, tapi bagian tengahnya berbentuk manusia. Makhluk tersebut diletakkan di atas balok kayu. Gambar itulah yang dianggap sebagai temuan ikan jenis baru berbentuk manusia. Posting-an tersebut sudah tersebar lebih dari 6.000 kali.

Berdasar penelusuran Jawa Pos, gambar yang diunggah bukanlah ikan sebagaimana ditulis Siti Aisyah. Gambar itu merupakan karya seni pahat seorang pematung di Yangon, Myanmar. Kayu dipahat hingga membentuk manusia dengan separo tubuh bersisik seperti ikan dan separonya berkulit layaknya manusia. Karya tersebut sering dipamerkan dan dikagumi banyak penggemar seni.

Gambar pahatan itu dimuat media di Myanmar bernama Lwin Pyin. Memang ketika mengakses situs media Lwin Pyin, kita akan kebingungan. Sebab, huruf yang digunakan sama sekali tidak mirip dengan yang selama ini kita kenal. Tapi, itu bisa diakali dengan menerjemahkan melalui aplikasi translator yang banyak tersedia secara online. Dari sanalah baru ketahuan posting-an Siti Aisyah, palsu polll….




(eko/gun/c10/fat)