Idul Adha, Unikama Persembahkan Tiga Ekor Sapi Untuk Warga Sekitar

KOTA MALANG – Peringati Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah Minggu, (11/8) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar salat Idul Adha di halaman tengah Unikama. Selain itu, civitas kampus turut berkurban tiga ekor sapi yang didistribusikan ke lingkungan sekitar kampus.

Ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP PT PGRI) Malang Drs. H. Soedjai menyatakan, daging hewan kurban yang dipotong dibagikan kepada masyarakat yang berhak dan kurang mampu, khususnya di areal sekitar Unikama.

“Penyerahan hewan kurban itu sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, terutama yang ada di sekitar kampus,” ujarnya.

Sudja’i berharap ke depan, jumlah hewan kurban yang sembelih terus bertambah. Hal semacam ini juga dirasa sebagai upaya untuk terus meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, khususnya Unikama yang menyandang predikat Multicultural University.

“Berkurban adalah perintah syariat yang tujuannya tak lain agar mendekatkan diri kepada Allah SWT,” papar Sudja’i.

Dengan begitu, kaum muslim yang kurang mampu juga ikut merasakan indahnya Islam dan kebersamaan dengan cara berkurban bersama. “Toh manusia juga diajarkan untuk berbagi kepada para mukmin lain,” tutupnya.

Penyembelihan ini digelar setelah salat Idul Adha. Nanang Puji Astika, M.Pd, Sekretaris qurban Idul Adha 1440 Unikama menerangkan bahwa tiga ekor sapi ini didapat dari dari pengurus PPLP PT PGRI Malang, rektorat beserta dosen dan karyawan Unikama.

“Untuk daging kurban sudah didistribusikan secara merata sesuai dengan rencana awal yang mencetak 500 kupon. Kupon tersebut untuk 15 RT warga masyarakat dan pedagang kali lima sekitar Unikama,” papar Drs. Sulistyo, M.Ak, Ketua Acara Kurban kali ini.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: istimewa
Penyunting: Fia