Idap Sindrom Langka, Fans Ini Dihadiahi Kejutan oleh Kunto Aji

ZETIZENID – Kunto Aji tak bercanda ketika bicara bahwa album ‘Mantra Mantra’ dapat menjadi sebuah metode terapi bagi pendengarnya. Meski telah dirilis pada 2018 lalu, dampak dari lagu-lagu dalam album ini masih membekas bahkan makin meluas.

Tak sedikit penggemar yang turut menceritakan kisah pribadinya dan berterima kasih pada sang idola karena membantu mereka bangkit lewat lagu-lagu magis Aji, seperti ‘Rehat’, ‘Pilu Membiru’, dan ‘Sulung/Bungsu’.
Salah satunya adalah Malvin, kakak seorang pengidap sindrom Steven Johnson yang dihadiahi undangan ke atas panggung oleh Aji. Malvin bercerita tentang bagaimana adiknya, Jessica, berjuang melawan penyakit langka tersebut dengan ‘ditemani’ lagu-lagu Aji.

Penyakit yang diidap Jessica sejak umur 8 tahun itu membuatnya mengalami 50 kali operasi mata, hingga berobat ke dalam dan luar negeri, namun hanya dapat melihat dengan mata kiri yang buram. “Salah satu treatment yang dianjurkan adalah mendengarkan musik agar tenang,” curahnya pada Aji melalui DM Instagram. “Dia sangat mengagumi karya Mas Aji khususnya di album Mantra Mantra yang didengarkan berulang-ulang waktu Jessica tidak bisa melihat ataupun kesakitan,” imbuhnya lagi.

Berkat pesan tersebut, Malvin berhasil memberi kejutan pada sang adik untuk naik ke atas panggung kala penampilan lagu ‘Rehat’ di acara Musikologi pada Sabtu (30/11). “Di lagu Rehat kita kasih energi yang besar. Shout out to Jessica untuk ketangguhannya ya,” cuit Aji berpesan pada para pengikutnya. Kisah haru itu tak berhenti membuatnya mengucurkan air mata. “Mata saya masih berair kalo baca lagi. Beruntung banget ketemu orang hebat terus,” cuitnya lagi.

Jessica bukan satu-satunya orang yang beruntung. Bulan lalu, Aji juga mengundang seorang fans bernama Angel untuk bertemu dengannya di backstage setelah bercerita tentang ketangguhannya ditinggal nikah oleh sang mantan pacar.
“Aku punya pacar, dia suka dengan @KuntoAjiW, mendengarkan lagunya berulang-ulang hingga aku juga suka dengan lagu-lagunya. Kemudian, aku beli 2 tiket konsernya di Jogja tanggal 26 Okt besok. Kemudian aku mengetahui bahwa dia menikahi perempuan lain. Tapi aku tetap pergi ke sana tanpanya,” tulis Angel di Twitter.

Kekuatan lagu yang ditulisnya dalam album ‘Mantra Mantra’ tak hanya diapresiasi oleh para pendengar, tapi juga oleh ajang penghargaan musik tertinggi Indonesia. Pada ajang AMI Awards 2019, album ke-2 Aji itu berhasil menyabet piala Best of The Best Album 2019 dan nominasi Pop Album. Ia juga dinobatkan sebagai Alternative Male Solo Artist berkat lagu ‘Topik Semalam’, serta masuk dalam nominasi Pop Male Solo Artist dan Urban Production Work.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa