ICDS Ke-47 Hotel Tugu Malang Hadirkan Ngocak Madura

KOTA MALANG – Komitmen Hotel Tugu Malang untuk melestarikan seni, tradisi nusantara kembali dihadirkan dalam bentuk malam budaya, Indonesia’s Cultural Dining Series ke 47, yang pada November 2019 ini mengangkat eksotika budaya Madura. Makan malam eksklusif in akan digelar pada 15 November di Tirta Gangga Room, Hotel Tugu Malang.

Madura, sebuah pulau di timur laut Jawa Timur yang memiliki kekayaan alam yang cantik serta ragam seni dan budaya yang eksentrik. Seperti bagaimana seni dan budaya tidak luput dari adanya musik, kali ini Hotel Tugu Malang dalam acara Indonesia’s Cultural Dining Series ke-47 akan mengajak tamu menjelajah musik–musik Madura bertemakan “Ngocak Madura” yang berarti bercakap dengan Bahasa Madura.

Menampilkan pertunjukan musik asli Madura yang akan diikuti oleh tarian dan permainan tradisional yang interaktif menggunakan Bakiak. Lagu-lagu yang akan dibawakan antara lain adalah Kembang Malate Pote, bercerita tentang keindahan bunga Melati yang diibaratkan layaknya seorang putri; sedangkan Salam Kerrong, merupakan lagu pengungkapan rasa rindu dimana Kerrong dalam Bahasa Indonesia berarti Rindu.

Public Relations Hotel Tugu Malang, Richard Wardana menjelaskan, para pemusik juga menampilkan lagu Tanduk Majeng atau nama lainya adalah Tondu Majâng, lagu daerah penduduk Madura yang bercerita tentang kehidupan rakyat madura sebagai nelayan; Gai’ Bintang. “Lagu Madura ini berisikan nasihat bahwa janganlah manusia berangan-angan terlalu tinggi” jelas dia.

Lagu lain yang akan ditampilkan adalah Kerraban Sape yang bercerita tentang tradisi perlombaan pacuan sapi; dan yang tak ketinggalan adalah lagu Sate Madura, lagu ini mengenalkan sate khas Madura yang sangat terkenal di pulau Jawa. Selain pertunjukan musik, tamu juga dapat melihat dan membeli batik tulis Madura yang memiliki corak dan pilihan warna yang khas.

Dalam pengalaman bersantap ini tamu dapat menikmati berbagai pilihan makanan nusantara dari restoran Melati seperti, beragam pilhan Nasi Rawon, Nasi Buk, Rendang Padang, Tugu Risjtaffel dan masih banyak lagi. Pertunjukan ini akan diadakan di Tirtagangga, Hotel Tugu Malang.
“Ruang perjamuan yang sangat elegan dan eksotis ini terinspirasi oleh sejarah dari India, Arab, Cina dan Mongolia Silk and Spice Roads,” jelas Ochi, sapaan akrabnya.

For: Istimewa
Penyunting: Fia