ICDS 49 Hotel Tugu Malang, Suguhkan Lagu-lagu Sunan Kalijaga Hingga Mandarin dengan Iringan Angklung

KOTA MALANG – Indonesia Culture Dining Series (ICDS) Hotel Tugu Malang setia mengeksplor ragam seni budaya di Indonesia. Di edisi ke-49 yang akan digelar pada Rabu (15/1) besok, tamu akan disuguhi makan malam mewah dengan alunan musik tradisional bertajuk ‘Angklung Van Java’

Para tamu nanti akan diajak menikmati alunan alat musik yang diakui menjadi “Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia” oleh UNESCO itu di Ruang Tirtagangga.

Pertunjukan tersebut akan disajikan oleh D’Jaras, grup yang memiliki visi dan misi untuk melestarikan musik nusantara. Grup itu terbentuk pada awal tahun 2019, D’Jaras sudah memenangkan beberapa perlombaan musik, salah satunya adalah Lomba Musik Angklung se-Malang Raya.

Sambil dihibur D-Jaras tentunya tamu akan mendapat pengalaman bersantap berbagai pilihan makanan nusantara dari restoran Melati. Seperti, beragam pilhan Nasi Rawon, Nasi Buk, Rendang Padang, Tugu Risjtaffel dan masih banyak lagi.

Makan malam itu akan istimewa karena 33 nada angklung mengiringi pertunjukan. Dibuka dengan lagu ciptaan Sunan Kalijaga – Kidung Rumeksa Ing Wengi dan Sugih Tanpa Banda. Yaitu syair ciptaan kakak dari pahlawan Indonesia RA Kartini yang bernama RM Sosrokartono akan yang nantinya ditampilkan dalam bentuk lagu.

Lalu akan dilanjutkan dengan lagu – lagu Tembang Dolan seperti, Lir Ilir, daan Jaranan. Ada pula lagu Kalaseba, Hanoman Obong, dan Gerajagan Banyuwangi.

Juga akan memainkan medley dari lagu Cublak Suweng, Gundul Pacul, dan Suwe Ora Jamu. Makin spesial karena pada pertunjukan kali ini, pemusik akan menampilkan lagu Mandarin untuk menyambut perayaan Tahun Baru Cina dan juga akan memberikan edukasi tentang angklung.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Hotel Tugu Malang
Penyunting: Fia