Ibu Wajib Tahu, Ini Dia Imunisasi Dasar Lengkap yang Harus Ibu Berikan ke Anak

KOTA MALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang imbau para Ibu untuk memberikan anaknya Imunisasi Dasar Lengkap. Mengapa Imunisasi Dasar Lengkap itu penting ? Imunisasi Dasar Lengkap, menurut Meifta Eti Winindar SST MM, yang bertugas sebagai Kepala Seksi yang menangani Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Malang, Imunisasi dasar penting karena akan mencegah penyakit menular dan imun anak terhadap penyakit tertentu akan lengkap.

“Anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap atau tidak pernah mendapatkan imunisasi bakal mudah tertular penyakit berbahaya,” ujar Meifta. Hal ini tentu disebabkan karena belum adanya kekebalan dalam tubuh si anak terhadap penyakit tertentu.

Imunisasi lengkap itu berjumlah 6 imunisasi dasar lengkap untuk bayi dan balita. Radarmalang.id membuat list dari Dinas Kesehatan Kota Malang khusus untuk anda para ibu. Yang pertama adalah Imunisasi BCG, yaitu imunisasi untuk mencegah penyakit TBC dan diberikan satu kali.


Kedua, imunisasi polio untuk mencegah penyakit polio dan wajib diberikan sebanyak empat kali. Ketiga, imunisasi DPT yang dilakukan untuk mencegah penyakit difteri, batuk rejan, dan tetanus. Imunisasi DPT wajib diberikan sebanyak tiga kali.

Keempat adalah Imunisasi HB. Imunisasi HB mencegah penyakit Hepatitis B, diberikan empat kali. Kelima, imunisasi Campak diberikan guna pencegahan penyakit campak. Imunisasi campak diberikan satu kali. 

Yang keenam adalah imunisasi HIB yang dilakukan untuk mencegah penyakit radang selaput otak (meningitis), pneumonia dan radang saluran pendengaran atau telinga. Imunisasi HIB wajib diberikan tiga kali. “Ke enamnya itu semua penting dan wajib,” tegas Meifta.

Dinkes Kota Malang rupanya kini juga bertekad mencapai imunisasi secara lengkap yang sesuai dengan kelompok usia. Daftar imunsasi sesuai dengan kelompok usia mencakup: Usia 0-7 hari: imunisasi Hepatitis B 0, untuk Usia 1 bulan: imunisasi BCG – Polio 1, lanjut, Usia 2 bulan: imunisasi DPT – HBHIB – Polio 2, Usia 3 bulan yaitu pemberian imunisasi DPT – HBHIB – Polio 3, Untuk Usia 4 bulan: imunisasi DPT – HBHIB – Polio 4 – IPV, dan Untuk Usia 9 bulan yang harus diberikan adalah imunisasi campak.

“Imunisasi dasar ini bisa didapat di Rumah sakit, puskesmas, posyandu, bahkan dokter dan bidan yang buka praktek dirumah,” tutup Meifta.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Kementerian Kesehatan RI