Ibu Hamil Trimester Akhir Sering Diare, Normalkah?

3 Cara Rumahan yang Aman Untuk Mengatasi Jerawat Ibu Hamil - JPNN.com

jpnn.com – Ibu hamil mesti terbiasa menerima segala perubahan yang terjadi pada tubuhnya, terutama di kehamilan trimester akhir. Di masa ini, ia akan mengalami sering buang air kecil dan diare yang cukup mengganggu.

Kondisi rahim yang semakin besar dan menekan kandung kemih membuat ibu hamil tak bisa lagi membendung keinginannya untuk buang air kecil.

Tidak cuma itu, beberapa kondisi kehamilan juga bisa menyebabkan diare saat hamil, khususnya saat memasuki trimester ketiga.

Ketika membandingkan antara sering kencing dengan diare pada ibu hamil, Anda mungkin akan lebih khawatir soal diare. Sebab, diare paling erat kaitannya dengan masalah kesehatan.

Lantas, sebenarnya, normalkah diare atau sering BAB saat hamil tua?

Diare di kehamilan trimester ketiga

Menurut dr. Muhammad Anwar Irzan dari KlikDokter, perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil tak cuma dapat membuat sistem pencernaan melambat dan mengakibatkan sembelit.

Keadaan tersebut juga bisa mempercepat sistem pencernaan, sehingga menimbulkan diare. Ini biasanya terjadi di kehamilan trimester akhir.

Jadi, hormon yang fluktuatif pada ibu hamil memang bisa memengaruhi kerja sistem pencernaan. Jika kebetulan hormon melambat, maka yang dihasilkan adalah sembelit.