Hujan Lebat Masih Akan Terus Mengguyur Malang, Waspadalah

Banjir di kawasan Sawojajar Malang, Sabtu (2/2)

KOTA MALANG – Puncak musim hujan di prediksi oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) masih terus terjadi di awal bulan Februari. Berdasarkan rilis BMKG Juanda, Kota Malang diprediksi akan turun hujan lebat disertai agin kencang. Senin (4/1)

“Waspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin,” tulis BMKG Kelas I Juanda Surabaya itu

Pemicu peningkatan curah hujan hingga sepekan ke depan ini, dikarenakan munculnya bibut siklon tropis di Teluk Carpentaria dan sirkukasi siklonik di Kalimantan Barat.

Sebelumnya, intensitas curah hujan yang terjadi di Kota Malang juga sempat membuat kawasan Sawojajar terendam banjir, (2/2) lalu.

Sekitar 152 KK Madyopuro Gang 2B di RT 06 dan 07 RW 1 terdampak genanga air setinggi betis orang dewasa.

Selain banjir, juga memicu longsornya plengsengan di Klayatan Gang 1 kawasan Rolaag, Jalan Kyai Hasim.

“Tidak menutup kemungkinan guyuran hujan sepanjang hari, karrna dari ramalan BMKG Jawa Timur termasuk wilayah yan berpotensi dilanda hujan tinggi,” kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Malang, Nur Asmi.

Iapun meminta agar masyarakat tetap waspada. Utamanya menghindari untuk beraktivitas di bawah pohon. Asmi juga mengaku telah menyiapkan personel TRC dan Pusdalops PB selama 24 jam penuh. Termasuk peserdiaan logistik.

“Lepas dari semua itu, yang pemtin waspada dan terus cermati dinamika cuaca. Hal inu akan sangat membangu untuk meminimalkan dampak akibat bencana,” tambahnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : BPBD Kota Malang