Hujan Empat Jam, Oro-Oro Ombo Banjir

KOTA BATU – Hujan mengguyur Kota Batu dan sekitarnya selama empat jam, antara pukul 12.00 hingga 17.00, Jumat (14/2). Meski intensitas hujan tidak tinggi, namun hal itu sudah cukup membuat banjir di sejumlah lokasi.

Salah satunya di Jalan Raya Desa Oro-Oro Ombo. Banjir bercampur lumpur membuat sejumlah pengendara sepeda motor kerepotan. Mereka terpaksa turun dan mendorong motornya.

“Banjirnya cuma diatas mata kaki. Namun kalau karburatornya kena cipratan jelas berdampak,” ungkap Misnan salah satu pengendara sepeda motor asal Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji.

Ia menduga banjir terjadi karena kurangnya resapan air pada kawasan Perumahan Panderman Hill.

Terpisah, Kasi Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan bahwa banjir tak hanya terjadi di kawasan jalan raya, tapi juga merendam tanaman di perkebunan warga.

“Kalau alasan kenapa banjir, ya jelas sampah. Ada sampah konsumsi, sampah kayu, dan ranting yang menyumbat saluran air,” terangnya.

Dia pun berharap warga kawasan sekitar bisa berhenti membuang sampah sembarangan. Karena jika diteruskan maka potensi terjadinya bencana banjir dan longsor akan semakin meninggi.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Istimewa
Editor : Indra M