Hujan Disertai Puting Beliung Rusak Mobil Hingga Rumah Warga di Medan

Hujan Disertai Puting Beliung Rusak Mobil Hingga Rumah Warga di Medan

JawaPos.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Medan, Kamis (5/7) malam. Hujan deras mulai turun sekitar pukul 19.00 WIB. Informasi yang dihimpun JawaPos.com, banyak pohon tumbang di beberapa kawasan di Kota Medan. Pohon yang tumbang juga menimpa mobil milik pengendara.

Di Jalan AH Nasution, Kecamatan Medan Johor, pohon tumbang menimpa satu unit mobil dengan enam penumpang di dalamanya. Beruntung para korban cepat dievakuasi.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Ngumban Surbakti (Ringroad). Tepatnya di depan sekolah Masehi. Beberapa pohon yang tumbang, menimpa lima mobil, becak hingga sepeda motor.

Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Medan, Kamis (5/7) malam mengakibatkan pohon tumbang dan kerusakan rumah milik warga, termasuk papan reklame. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

“Satu orang atas nama Zuariz Zega mengalami luka. Sudah kita evakuasi di Rumah Sakit terdekat,” kata Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, M Yunus.



Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Medan, juga menerima laporan pohon tumbang di Jalan Antariksa, Medan Polonia dan Jalan Jamin Ginting Km 8,5. Namun, belum ada data pasti apakah pohon tumbang juga mengakibatkan korban.

Di Jalan Karya Jasa, pohon tumbang menimpa tiga unit mobil, dua sepeda motor dan satu betor. Seorang perempuan mendapat luka ringan dan kini sudah dirawat di klinik setempat.

“Penyebab pohon tumbang karena angin puting beliung,” ujar Yunus.

Yunus juga mengatakan, puting beliung juga merusak bangunan rumah warga di beberapa kawasan di Kota Medan. Hingga pukul 22.30 WIB, pihaknya mendapat laporan ada tujuh rumah warga yang rusak. Baik terbawa angin ataupun tertimpa pohon.

“Ada juga yang bagian atapnya rusak parah. Untuk korban luka sebanyak satu orang,” katanya.

Sementara itu, di beberapa lokasi pohon tumbang, juga mengalami listrik padam. Hal itu terjadi karena, pohon tumbang mengenai kabel milik PLN.

Pantauan di kawasan Medan Johor, beberapa papan reklame juga rubuh. Bahkan kabarnya, ada betor yang juga rusak parah karena tertimpa papan reklame.

Hingga kini, petugas sudah berada di lokasi untuk mengevakuasi pohon dari tengah jalan. Dibantu warga, mereka memotongi batang pohon. Arus lalu lintas di Jalan Ngumban Surbakti juga mengalami kemacetan panjang.

Akibat hujan deras, beberapa daerah juga terendam banjir. Seperti yang terjadi di Jalan Pasar III Padang Bulan dan Jalan Thamrin Kota Medan. Kedua jalan ini, memang sudah menjadi langganan banjir ketika hujan.

(pra/JPC)